Breaking News:

Kadispora Sumut Sebut Perpres No 86/2021 Semakin Pastikan Pembangunan Sport Center

Perpres tersebut ditandatangani Presiden Jokowi bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 atau pada tanggal 9 September 2021.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Warga melihat denah pembangunan Sport Center untuk pagelaran PON Sumut-Aceh 2024, di Batangkuis, Deliserdang, Jumat (14/8/2020). Pembangunan sarana dan prasarana Sport Center tersebut akan dibangun 36 lokasi (veneu) olahraga, dengan total pengeluaran berkisar Rp 8,6 triliun yang diperkirakan rampung Februari 2023 mendatang. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Perpres tersebut ditandatangani Presiden Jokowi bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 atau pada tanggal 9 September 2021.

Baca juga: Rantai Sepeda Motor Matic Bisa Putus Juga loh, Yuk Kenali Tandanya

Hadirnya Perpres 86 Tahun 2021 disambut baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara. Sebab, menjadi menjadi angin segar terhadap arah pembangunan bidang keolahragaan di Indonesia, termasuk di Sumut.

"Sangat kita sambut, Perpres itu memberi arah kepastian pembangunan keolahragaan Sumut. Ini kita tinggal nunggu petunjuk teknisnya yang belum turun," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Ardan Noor, Rabu (22/9/2021).

Kata Ardan, Perpres tersebut semakin memastikan terwujudnya pembangunan Kawasan Sport Center (Deli Sport City) yang berada di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang.

Perpres 86/2021 itu akan menjadi payung hukum dan menjadi dasar kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah bahkan masyarakat untuk pembangunan olahraga. Perannya sudah diatur secara jelas dan terarah.

"Kalau selama ini memang masih ada keraguan kita soal siapa memberi apa, apa yang dia bangun, anggarannya darimana. Nah Perpres ini menjawab itu semua," ucapnya.

Baca juga: Menko Airlangga Dorong Industri Perfilman Gunakan Layanan Streaming Jangkau Pasar yang Lebih Luas

"Sehingga bersama-sama bisa menuntaskan pembangunan Sport Center ini nantinya. Iya memang Sport Center ini tidak bisa dikerjakan satu pihak saja, tidak bisa hanya Sumut saja, tapi Kemenpora, Kementerian PUPR. Bahkan ikut juga investor lewat skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha)," tambahnya.

Pembangunan Sport Center di Sumut, lanjut Ardan, kini tengah diseriusi. Apalagi akan menjadi venue pertandingan sejumlah cabang olahraga dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Diketahui, Sumut ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Aceh untuk menyelanggarakan PON XXI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved