Breaking News:

Bupati Simalungun Serius Ingin Kembangkan Wisata Air Panas Tinggi Raja di Silou Kahean

Dinas Pariwisata Simalungun melanjutkan pembenahan infrastruktur di obyek wisata air panas Tinggi Raja.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
Tribun Medan/HO
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan rombongan mendatangi obyek wisata Tinggi Raja di Silou Kahean, Kamis (23/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Dinas Pariwisata Simalungun melanjutkan pembenahan infrastruktur di obyek wisata air panas Tinggi Raja di Nagori Dolok Marawa, Kecamatan Silou Kahean. 

Kepala Dinas Pariwisata Simalungun Resman Saragih mengatakan, keseriusan membenahi Tinggi Raja diperlihatkan Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat berkunjung ke lokasi wisata ini, Kamis (23/9/2021) kemarin.

"Itu (Tinggi Raja) kan kawasan cagar alam. Maka untuk diubah menjadi taman wisata alam harus ada pertimbangan perlindungan untuk flora dan fauna di sana,' kata Resman.

Resman menjelaskan, lahan Tinggi Raja yang akan dikelola untuk pendirian sarana dan prasarana pendukung obyek wisata air panas seluas 62 hektare.

"62 hektare itulah yang bisa Pemkab kelola. Memang dalam perjalanan pengelolaan, kami terkendala dengan kondisi Pandemi Covid-19 dan kondisi akses ke sana," kata Resman.

Sebelumnya, kata Resman, pihaknya telah mendirikan Tourist Information Center untuk mendukung wisata Tinggi Raja. Namun saat hendak meningkatkan sarana wisata di tahun 2020, terjadi wabah Pandemi Covid-19. 

Belum lagi masalah kondisi akses jalan menuju lokasi Tinggi Raja yang belum ada pembenahan karena fokus anggaran juga pada Covid-19.

"Pak Bupati (RHS) sudah datang, dan kami didukung anggaran. Rencananya, pekan depan kami akan kembali menyurvei beberapa titik di Tinggi Raja yang akan dikembangkan," Kata Resman.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Simalungun akan melakukan pembenahan infrastruktur pendukung objek wisata air panas Tinggi Raya menjadi salah satu destinasi wisata di Tanoh Haboron do Bona

"Kita akan benahi infrastruktur pendukung lokasi objek wisata air panas ini, terutama jalan menuju lokasi ini, sehingga objek wisata ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Kabupaten Simalungun. Karena ini luar biasa," ujar Bupati.

Bupati meminta kepada masyarakat untuk memberikan dukungannya dalam pembenahan objek wisata tersebut. 

"Janganlah ketika pemerintah melakukan pembenahan di lokasi ini,  masyarakat menuntut ganti rugi.  Mari sama-sama kita majukan objek wisata ini agat lebih baik,  sehingga wisatawan datang ke lokasi wisata ini," kata Bupati. (alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved