Breaking News:

Juara Bertahan Joan Mir Ambil Risiko Pakai Sasis Motor Suzuki yang Masih Diujicoba

Pembalap asal Spanyol itu menyebut sasis terbaru pabrikan asal Jepang tersebut lebih menjanjikan ketimbang sasis yang dipakainya pada saat ini.

ANDREAS SOLARO / AFP
Pembalap Suzuki Spanyol Joan Mir mengendarai motornya saat sesi latihan bebas kedua jelang Grand Prix MotoGP San Marino diMisano World Circuit Marco Simoncelli, Jumat (17/92021) di Misano Adriatico, Italia. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Joan Mir akan menggunakan sasis motor Suzuki GSX-RR 2022 pada sisa musim Moto GP 2021.

Rencana ini disampaikan sang jawara bertahan usai mengujicoba motor Suzuki untuk MotoGP 2022 pada tes resmi di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia.

Joan Mir mengaku sangat puas. Pembalap asal Spanyol itu menyebut sasis terbaru pabrikan asal Jepang tersebut lebih menjanjikan ketimbang sasis yang dipakainya pada saat ini.

Dari segi regulasi, perubahan pemakaian sasis motor saat kejuaraan berlangsung sama sekali tidak dilarang. 

Artinya, Mir bisa saja menggunakan motor Suzuki GSX-RR demi mempertahankan gelarnya. 

Saat ini rider 24 tahun berada di peringkat 3 klasemen sementara Moto GP 2021 dengan 167 poin. Terpaut 67 poin dari sang pemuncak klasemen Fabio Quartararo dan 19 poin dari Francesco Bagnaia di peringkat kedua.

"Saya senang karena kami mencoba mesin tahun 2022 pada hari pertama, sedangkan pada hari kedua, kami menjajal sasis baru, yang bisa saja berguna untuk balapan-balapan terakhir pada musim ini seiring dengan perasaan yang saya dapat dengan sasis itu sangat positif," ungkapnya dikutip dari Crash.

Namun, ia mengakui ada beberapa hal negatif pada motor barunya itu.

"Arah yang ditampilkan sasis baru ini cukup bagus, sepertinya penghentiannya (under braking) lebih baik, meski ada juga beberapa hal negatif,” ungkapnya.

"Normalnya, ketika Anda mendapatkan sesuatu, Anda akan kehilangan sedikit kelincahan atau sesuatu lainnya," lanjutnya.

Joan Mir mengungkapkan saat ini seluruh tim bertaruh dan bekerja untuk menjadikan motornya menjadi lebih baik lagi.

"Jadi sekarang, kami harus bekerja dengan motor, geometri, dan semua itu, untuk menjadikannya lebih baik. Jika kami bisa menghentikan motor sedikit lebih baik, kami akan bisa mendapatkan akselerasi yang lebih baik lagi," tuturnya.

Dengan empat seri tersisa, apabila Mir ingin mempertahankan gelar juaranya artinya ia harus bisa finis di urutan pertama untuk mengumpulkan poin maksimal 100. Namun, peluang tersebut terbilang kecil mengingat Quartararo selalu tampil solid sepanjang musim ini. 

Berikutnya Mir akan bertarung di Moto GP Amerika Serikat Circuit of the Americas, Austin, Texas, Minggu (3/10/2021). (vic/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved