Breaking News:

News Video

Ditetapkan Jadi Tersangka oleh KPK, Azis Syamsuddin Nyatakan Mundur dari Wakil Ketua DPR RI

Azis Syamsudin resmi mengundurkan diri dari jabatan menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Politikus Golkar, Azis Syamsuddin, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Ia mundur usai ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan KPK.

Terkait hal itu, Partai Golkar membenarkan bahwa Azis telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai Wakil Ketua DPR kepada partai.

“Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan pengunduran dirinya sebagai wakil ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar dan Ketua Umum DPP Partai Golkar,” kata Ketua Bidang Hukum DPP Partai Golkar Adies Kadir dalam keterangan pers di ruang Fraksi Partai Golkar DPR RI, Sabtu (25/9/2021).

Untuk itu, pihak Golkar pun bergegas mencari pengganti untuk mengisi jabatan tersebut.

Nantinya, pengganti Azis merupakan hak prerogatif Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

Sedangkan, status Azis di partai dinonaktifkan sementara.

Sebelumnya diberitakan, Azis Syamsuddin resmi ditahan KPK pada Sabtu dini hari.

Azis ditetapkan sebagai tersangka maling uang negara dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

“Tim penyidik melakukan penahanan kepada tersangka selama 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 24 September 2021 sampai dengan 13 Oktober 2021 di Rutan Polres Metro Jakarta Selatan,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam konfernsi pers di Gedung Merah Putih KPK, Sabtu.

Menguntip Kompas.com, dalam kasus ini, Azis menghubungi penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, pada Agustus 2020.

Tujuannya, untuk meminta tolong "mengurus" kasus yang menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya yaitu Aliza Gunado.

Untuk diketahui, Stepanus Robin kini sudah diberhentikan KPK setelah berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi penanganan perkara.(Tribun-Video.com/ Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Azis Syamsuddin Nyatakan Mundur dari Jabatan Wakil Ketua DPR"

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved