Kebakaran di Pasar Siborongborong Telat Ditangani, Pemkab Taput Benahi Damkar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara kini tengah perbaiki sarana dan prasarana (sarpras) pemadam kebakaran.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Pejabat Pemkab Taput meninjau armada pemadam kebakaran, Sabtu (25/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara kini tengah perbaiki sarana dan prasarana (sarpras) pemadam kebakaran.

Sekretaris Daerah Tapanuli Utara Indra S. Simaremare bersama Kasatpol PP Rudi Sitorus Tinjau Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) dan mengecek kesiapan personel Siborong-borong, pada hari Sabtu (25/9/2021).

"Ada beberapa hal yang harus segera kita benahi sebagai kesiapan kita dalam penanganan bencana kebakaran ini. Belakangan ini sebanyak empat unit mobil damkar dengan kondisi memadai yang dapat digunakan dalam penanganan kebakaran yang berada di kecamatan Siborong-borong, Tarutung, Pahae Jae dan Pangaribuan," ujar Sekdakab Taput Indra Simaremare.

"Hal ini kita lakukan dengan melihat data statistik tingkat kebakaran dan disesuaikan pertimbamgan sisi efisiensi dan efektifitas. Namun pada bulan Juni lalu Damkar Pos Siborong-borong mengalami kerusakan usai penanganan kebakaran di Hutabaginda-Tarutung," sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya sudah menyiasati kekosongan damkar di Siborongborong.

"Terkait kekosongan damkar di Siborong-borong untuk sementara kita menyiagakan damkar dari Pangaribuan," tuturnya.

Selanjutnya, ia menguraikan perihal perbaikan damkar tersebut.

"Saya sudah meninjau langsung dan mendengar penjelasan pemilik bengkel atas kondisi damkar yang rusak. Kita kewalahan dalam mengganti spare part rantai gearbox, alat tersebut sudah langka," tuturnya.

"Kami melihat ada dua opsi terhadap damkar tersebut yaitu akan tetap dilakukan pemesanan hingga ke Cina atau melakukan modifikasi dengan memasangkan merk lain," sambungnya.

Indra Simaremare juga menjelaskan bahwa Bupati Tapanuli Utara telah beberapa kali mengusulkan penambahan armada damkar termasuk melalui dana pinjaman PEN pada tahun lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved