Breaking News:

47 Rumah Sakit Diminta Rutin Laporkan Data, Wali Kota Bobby Proyeksikan Medan Turun ke PPKM Level 2

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menargetkan Medan bisa turun ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
Wali Kota Medan Bobby Nasution 

TRIBUN-MEDQN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution menargetkan Medan bisa turun ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Bobby mengatakan, pihaknya membentuk tim di 47 RS yang ada di Kota Medan untuk melaporkan data pasien Covid-19 secara rutin.

"Yang perlu ditekankan dua hal yaitu 3T dan 5M oleh karena itu kami kemarin rapat dengan beberapa RS, Ada 47 RS yang melayani Covid-19, kita sepakat rumah sakit membentuk tim dari 5 orang untuk membantu pemerintah Kota Medan untuk tracing dan testing," ujar Bobby, Sabtu (25/9/2021).

"Hari Senin nanti kita minta nama-nama dari setiap rumah sakit sudah disetorkkan ke dinas kesehatan agar bisa dideploi ke kecamatan untuk bisa membantu tracing dan testing. Mudah-mudahan bisa 15 kontak erat yang bisa terkonfirmasi perharinya," tambahnya.

Bobby mengaku pelaksanaan tracing dan testing dapat mempercepat penurunan status Kota Medan menjadi zona hijau.

"Harus, harus kita selalu optimis, kita ajak sama sama untuk menekankan tracing dan testing nanti akan kita terapkan berikutnya mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan 5 M," tuturnya.

Ia juga menargetkan, per harinya, masing-masing pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ditracing sebanyak 15 kontak erat.

"Tadi saya katakan standarnya itu dari WHO 15 kontak erat, kemarin kita targetkan ketika level kita masih tinggi kemarin itu 8, karena jumlah kasus perhari itu tinggi di atas 500, sekarang di bawah 500 seharusnya bisalah optimis," katanya.

"Contohnya kemarin, itu angka positif kita 55 kalau kali 15 itu ada 825 yang harus kita testing dan tracing," ujarnya.

Penyekatan ke Lokasi Wisata Diperketat

Bobby juga mengatakan, pihaknya akan memperketat titik penyekatan dan pemantauan di wilayah perbatasan Kota Medan dengan Kabupaten lain khususnya yang mengarah ke lokasi wisata.

"Beberapa hal seperti pintu pintu masuk Kota Medan sudah diperbolehkan terbuka, namun yang khusus untuk pintu masuk Kota Medan yang langsung perbatasan dengan kabupaten lain seperti Deliserdang yang yang menuju tempat wisata ini akan terus akan kita pantau dibanding pintu masuk tempat lain," katanya.

Ia mengatakan, penurunan level PPKM membutuhkan peran seluruh pihak termasuk masyarakat Kota Medan.

"Yang hari ini kita upayakan tentunya keterlibatan seluruh pihak bukan hanya Pemko Medan, Forkopimda tentunya stakeholder terutama masyarakat. Karena untuk bisa menekan Covid-19 kuncinya 3T dan 5 M itu enggak pernah berubah dari level 4 ke level 3, 3 ke 2 dan seterusnya," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved