Breaking News:

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pembukuan Bagi Pelaku Usaha Dagang

Kewajiban pembukuan bSetiap pelaku usaha tidak lepas dari kewajibannya dalam menyelenggarakan pembukuan. Kewajiban pembukuan ini diatur dalam pasal 28

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Pelatihan pembukuan pelaku dagang 

Tribun-Medan.com - Setiap pelaku usaha tidak lepas dari kewajibannya dalam menyelenggarakan pembukuan. Kewajiban pembukuan ini diatur dalam pasal 28 ayat (1) Undang-Undang KUP.

Tentu pelaku usaha dagang juga termasuk didalam ketentuan Undang-Undang tersebut. Para dosen akuntansi di Kota Medan hadir untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat pembukuan sebagai kegiatan pengabdian masyarakat.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh pelaku usaha ketika menyelenggarakan pembukuan seperti mengetahui laba bersih yang diperoleh setiap periode.

Dengan informasi keuangan yang tepat akan membantu pelaku usaha dalam mengambil kebijakan dan keputusan yang bermanfaat bagi usahanya.

Selain itu, penyelenggaraan pembukuan juga mempermudah pelaku usaha dalam melaporkan pajaknya dan melakukan pengisian SPT. Lebih luasnya lagi, dengan adanya pembukuan maka pelaku usaha dimungkinkan untuk memperbesar modalnya menggunakan fasilitas peminjaman di Bank.

Oleh karena itu, para dosen akuntansi dengan di ketuai oleh Eni Duwita Sigalingging, S.E., M.Si, Ak., CA dari Universitas Quality Berastagi dan Yunita Eriyanti Pakpahan, S.E., M.Si. dari Univeritas Quality Berastagi selaku anggota pelaksana-I serta Dessyana, S.E., Ak., M.Si dari STIE Mikroskil Medan selaku anggota pelaksana-II melakukan penawaran berupa pelatihan secara intens kepada UD. Ros Fruit, Medan yang bertujuan agar pelaku usaha mendapatkan pemahaman yang lebih mengenai penerapan akuntansi dalam penyusunan pembukuannya.

dasdasdasd
Pelatihan pembukuan intens kepada UD. Ros (Tribun Medan/HO)

Program pelatihan ini dilaksanakan secara langsung dengan memberikan pemahaman terhadap konsep dasar-dasar akuntansi juga manfaatnya dalam penyusunan pembukuan, dan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai siklus akuntansi secara umum, serta penyusunan pembukuan dengan siklus akuntansi.

Implementasi dalam penyusunan pembukuan dijelaskan secara komprehensif dalam pelatihan ini dan disertakan contoh kasus. Komunikasi dilakukan dengan dua arah antara pelaku usaha dan para dosen sehingga pelaku usaha dapat menyusun laporan keuangan yang memadai sesuai prinsip akuntansi.

Pelatihan ini dilakukan pada hari Minggu (22/08/2021) dengan judul “Pelatihan Pembuatan Pembukuan Untuk Kebutuhan Perpajakan Pada UD. Ros Fruit Medan”.

Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan kerja sama mitra dari pihak dosen dengan UD. Ros Fruit, Medan. Dengan dilakukannya pelatihan ini, diharapkan adanya pemenuhan kewajiban pembukuan dari UD. Ros Fruit, Medan. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan modul akuntansi yang dapat membantu memudahkan penyusunan pembukuan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved