Breaking News:

Kasus Rabies di Sumut Meningkat Tiga Kali Lipat Dibanding Jumlah Tahun Lalu

Kasus hewan yang terkena rabies di Sumatera Utara pada tahun 2021 meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. 

Penulis: anisa rahmadani | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ANISA RAHMADANI
Warga membawa hewan peliharaannya untuk vaksinasi di Balai Veteriner Medan, Senin (27/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Kasus hewan yang terkena rabies di Sumatera Utara pada tahun 2021 meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. 

Kepala Balai Veteriner Medan Azfirman mengatakan, pada tahun ini  ada 160 kasus hewan yang terkonfirmasi terkena penyakit rabies di Sumatera Utara. 

"Tahun 2019 kasus positif rabies itu hanya 85 hewan dan di tahun 2020 menurun menjadi 48 yang terpapar. Namun, tahun 2021 ini meningkat secara signifikan kembali, sekitar 160 hewan yang terkena rabies di Sumut," tuturnya Senin (27/9/2021). 

Mengetahui hal itu Azfirman menyebutkan bahwa  hal itu menjadi tugas berat pihaknya dalam rangka pencegahan penularan virus rabies pada hewan. 

"Ini menjadi tugas berat kami di Provinsi Sumut bagaimana kedepannya untuk lebih punya komitmen dalam penangan  rabies dg baik," ucapnya.

Menurutnya, pada tahun 2021, ada tiga penyumbang terbanyak penyebaran rabies di Sumut yakni Kabupaten Humbang Hasundutan ( Humbahas), Deli Serdang dan Samosir. 

"Tahun ini Humbahas ada 66 hewan yang terpapar rabies, Samosir 42 hewan dan Deli Serdang sebanyak 22 hewan," tuturnya. 

Untuk diketahui sebelumnya menurut Azfirman Sumatera Utara masih termasuk provinsi hewan yang tertinggi terkena rabies. Menurutnya Sumatera Utara termasuk urutan kelima diantara provinsi yang ada di Indonesia.

"Kita masih tinggi untuk penularan hewan rabies di Sumut sebelumnya ada Riau, Sumatera Barat dan kita ada di urutan kelima tertinggi rabies," paparnya.

Dari 33 kabupaten, ada lima kabupaten/kota yang masih tinggi penularan rabies. Diantaranya Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Tapanuli Utara (Taput) Samosir, dan Kota Medan. 

"Yang tertinggi itu Kabupaten Humbahas dan Samosir. Padahal di tahun sebelumnya sempat terjadi penurunan namun tahun ini meningkat kembali," paparnya.  (cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved