Breaking News:

BPS Sumut Tambah Tiga Kabupaten IHK, Deliserdang Salah Satunya

Ada pun tiga kabupaten yang akan terlibat survei Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut, diantaranya Deliserdang, Labuhanbatu, dan Karo.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/ KARTIKA
Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi dalam acara acara Workshop Wartawan : Pembinaan dan Ekspos Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2021, Selasa (28/9/2021).   

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut secara resmi akan menambah tiga kabupaten di Sumut untuk Indeks Harga Konsumen (IHK).

"Tahun ini kita sudah ada kepastian penambahan kabupaten IHK. Untuk tahun depan, kita akan merilis inflasi kabupaten yang mewakili kabupaten lainnya," ungkap Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi dalam acara Workshop Wartawan; Pembinaan dan Ekspos Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2021, Selasa (28/9) di Thongs Inn Hotel, Kualanamu, Deliserdang.

Ada pun tiga kabupaten yang akan terlibat survei Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut, diantaranya Deliserdang, Labuhanbatu, dan Karo.

Baca juga: Catat Rekor Tertinggi, BPS: Neraca Dagang RI Surplus US$4,74 Miliar pada Agustus 2021

"Pelaksanaannya akhir tahun ini sudah mulai kita lakukan. Jadi kalau dulu memang inflasi ini hanya ada di kota-kota besar saja, malah dulu dibatasi," ujarnya.

Dijelaskan Syech, kota IHK adalah kota yang memiliki kantor Bank Indonesia namun kemudian dikembangkan hingga akhirnya Gunung Sitoli masuk dalam jajaran kota IHK.

"Sekarang kita kembangkan lagi sesuai perkembangan ekonomi di kabupaten yang tidak kalah dengan kota sehingga kita mendudukkan tiga kabupaten ini untuk mewakili tiga kabupaten lainnya," tutur Syech.

Saat ini tercatat ada lima kota IHK, diantaranya Medan, Padangsidempuan, Sibolga, Pematangsiantar, dan Gunung Sitoli.

Begitu pun, Syech menyebutkan bahwa jika mengandalkan lima kota ini belum mampu menggambarkan kondisi perekonomian di Sumut.

"Belum menggambarkan provinsi Sumut sebenarnya karena belum ada gambaran daerah pedesaan," kata Syech. Terkait penambahan tiga kabupaten IHK ini, ternyata tak asal memilih begitu saja.

Koordinator Fungsi Statistik BPS Sumut Dinar Sibutar Butar menjelaskan bahwa pemilihan tiga sektor ini mampu mewakili subsektor di kabupaten lainnya.

"Deli Serdang mewakli subsektor pertanian, Labuhanbatu akan mewakili masyarakat perkebunan, dan Karo mewakili pertanian holtikultura," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved