Breaking News:

Sipirok Berkali-kali Diguncang Gempa Bumi, Berikut Penjelasan BMKG Wilayah I Medan

Kabupaten Tapanuli Selatan, persisnya di Kota Sipirok berkali-kali diguncang gempa bumi. Ini penjelasan BMKG Wilayah I Medan

Penulis: Goklas Wisely | Editor: Array A Argus
shutterstock
Ilustrasi getaran gempa. 

TRIBUN-MEDAN.COM,TAPSEL- Kabupaten Tapanuli Selatan, persisnya di Kota Sipirok berkali-kali diguncang gempa bumi tektonik sejak pukul 11.30 WIB.

Kali ini, kekuatan gempa mencapai 3,9 skala richter, Rabu (29/9/2021). 

"Wilayah Sipirok dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,9," kata Kepala, BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto melalui saluran telepon, Rabu (29/9/2021). 

Baca juga: SEDERET Ramalan Mbak You yang Dikecam Deddy Corbuzier, Gempa Bumi hingga Nasib Jokowi

Ada pun episenternya terletak pada koordinat 1.70 LU, dan 99.16 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Barat Laut Tapanuli Selatan pada kedalaman satu kilometer. 

Dia mengatakan, bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Toru.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan mengguncang tanah. 

Baca juga: Kota Gunung Sitoli Diguncang Gempa 4,8 SR, Hampir Seluruh Kabupaten dan Kota Dilanda Cuaca Buruk

"Guncangannya dengan Skala Intensitas I-II MMI. Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," sebutnya. 

Ada pun sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

Dia menjelaskan, gempa ini merupakan gempa susulan peristiwa sebelumnya yang mencapai M 4,5 pada Selasa 28 September 2021

Sampai kini tercatat  4 kejadian gempa bumi pendahuluan (foreshock) dan 15 kejadian gempa bumi susulan (aftershock). Sementara gempa bumi yang dirasakan 2 kejadian. 

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(cr8/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved