Breaking News:

USAID Momentum Dukung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi di Deliserdang, Asahan, Langkat, dan Karo

Di Sumatera Utara, USAID MOMENTUM bekerja di Kabupaten Deliserdang, Asahan, Langkat, dan Karo.

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Konsul Amerika Serikat Gordon Chruch saat peresmian USAID MOMENTUM, Rabu (29/9/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Gordon Church resmi meluncurkan program USAID MOMENTUM, Rabu (29/9/2021).

USAID MOMENTUM merupakan program Kerjasama Kementerian Kesehatan dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir di Indonesia. 

Program ini bertujuan menurunkan kematian ibu dan bayi baru lahir karena penyebab yang dapat dicegah di enam provinsi yaitu Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. 

Di Sumatera Utara, USAID MOMENTUM bekerja di Kabupaten Deliserdang, Asahan, Langkat, dan Karo.

Dikatakan Edy, USAID MOMENTUM akan melakukan investasi yang diperlukan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial, bagi ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan swasta dan publik.

Bukan hanya itu, progam ini juga akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit, dan mempromosikan kebijakan dan komitmen yang lebih kuat. 

“Inilah kerja sama kita, sinergi harus terus dilakukan, saya juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama kita mewujudkan kualitas kesehatan yang baik, demi masyarakat kita di Sumut,” kata Gubernur Edy Rahmayadi saat peluncuran Program MOMENTUM di Sumut, di Hotel Aryaduta, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Gubernur optimis, ke depan bidang kesehatan di Indonesia khususnya Sumut, akan terus semakin membaik. Pemprov Sumut juga memiliki sasaran jangka menengah pelayanan perangkat daerah yang diharapkan tercapai pada tahun 2023. Di antaranya umur harapan hidup menjadi 70,0 tahun, angka kematian ibu menjadi 64,3 per 100.000 kelahiran hidup, angka kematian bayi menjadi 3,7 per 1.000 kelahiran hidup.

Edy Berharap agar para bupati beserta pemangku kepentingan dari empat kabupaten intervensi mendukung dan mereplikasi program USAID MOMENTUM di kabupatennya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada USAID dan Kementerian Kesehatan yang telah menunjuk Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu wilayah intervensi. Mudah-mudahan program ini berjalan lancar," ucapnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved