Breaking News:

9 UKM Local Hero di DSP Danau Toba Berhasil Ikuti Festival Kreatif Lokal 2021

Pada proses seleksi tahap satu, 64 persen UKM bergerak di sektor Kuliner, 22 persen adalah UKM di bidang Kriya, dan Fashion 14 persen.

HO
Festival Kreatif Lokal 2021 mengikuti coaching klinik 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Setelah melalui serangkaian pelatihan dan seleksi, Festival Kreatif Lokal 2021 telah berhasil menyaring 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba, Sumatera Utara, yang mayoritasnya bergerak dari sektor usaha kuliner.

Pada proses seleksi tahap satu, 64 persen UKM bergerak di sektor Kuliner, 22 persen adalah UKM di bidang Kriya, dan Fashion 14 persen.

Seleksi dilakukan berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan, dari 50 UKM tersebut terpilih sembilan local hero yang menjadi finalis pada masing-masing bidang ekonomi kreatif.

Local hero tersebut yaitu bidang kreatif fashion Shan'sCraft, UKM Sabina Collection, dan UKM Songket Tenun Medan.

Baca juga: Pantai Sri Mersing, Hadirkan Pemandangan Hamparan Pasir Putih dan Payung Warna-warni

Kemudian Kriya, yaitu D'SakaIndonesia, Borna dan PerbungaRintua.

Serta kuliner yaitu CV.AndalimanMangintir, Dodol Sejahtera dan CV.RajaPatinIndonesia.

Regional Collection Head Sumatera-1 Adira Finance Tengku Zainal Arifin, mengatakan, selanjutnya para pelaku UKM local hero ini akan menjalani sejumlah kegiatan pelatihan dan materi tambahan untuk meningkatkan soft skill melalui aktivitas coaching camp yang diberikan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI) dan Enterpreneur Camp (Ecamp).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM di DSP Danau Toba diharapkan mendapatkan wawasan baru mengenai praktik menumbuhkan usahanya, agar dikenal dalam lingkup nasional, tetapi juga menarik untuk dipasarkan secara global.

“Adira Finance ingin tumbuh bersama dengan pelaku UKM sesuai janji untuk menjadi Sahabat Setia Selamanya. Festival Kreatif Lokal 2021 adalah momen yang tepat untuk berkolaborasi, tidak hanya UKM di DSP Danau Toba, tapi juga secara umum semua UKM di Sumatera Utara,” jelasnya.

Kolaborasi ini akan menjadi momentum akselerasi bagi pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, sehingga dapat memunculkan pelaku usaha ekonomi kreatif yang kompeten, dan pada akhirnya menjadi nilai tambah terhadap daya tarik wisata, khususnya di DSP Danau Toba.

Baca juga: Lowongan Kerja Medan, Alfamart Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA-SMK Hingga S1

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved