Breaking News:

Empat Desa di Sumut Terpilih Jadi Desa Cantik, BPS Dorong Masyarakat Melek Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS) mempunyai program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang akan membina seratus desa dalam pengolahan data statistik. 

Penulis: Kartika Sari | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi pada acara Workshop Wartawan: Pembinaan dan Ekspos Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2021, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) mempunyai program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang akan membina seratus desa dalam pengolahan data statistik. 

Dari seratus desa itu, Sumatera Utara terpilih untuk membina empat desa di Sumut untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

"Desa Cantik ini salah satu pembinaan dari bawah, sehingga data yang kita hasilkan di tingkat kecamatan dan kabupaten akan lebih valid. Kita akan melakukan program dalam jangka pendek," ungkap Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi, Rabu (30/9/2021).

Empat desa yang masuk pembinaan Desa Cantik BPS Sumut adalah Desa Sidorukun di Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu dan Desa Sihare'o I Tabalohodi Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli.

Kemudian Desa Karang Rejo di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat dan Desa Manunggang Juludi Kecamatan Padangsidempuan Tenggara, Kota Padangsidempuan.

Suhaimi juga mengatakan bahwa selain empat Desa Cantik tingkat nasional, juga ada 100 Desa Cantik untuk tingkat provinsi.

"Sampai saat ini pemerintah daerah sangat antusias dengan adanya program Desa Cantik ini. Kita sudah action di lapangan, malah sudah ada pembinaan di desa-desa yang kita pilih," ujarnya. 

Ia menjelaskan, hadirnya program Desa Cantik ini diharapkan masyarakat desa mampu memahami ataupun mengolah data. Hal ini juga turut didukung dengan adanya pojok statistik dari BPS di beberapa universitas.

"Hadirnya Desa Cantik di Sumut ini diharapkan bisa semakin menyebarluaskan informasi-informasi menyangkut pendataan," ucap Syech. (cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved