Breaking News:

Disnaker Kabupaten Langkat Berikan Solusi Bagi Pencari Kerja Lewat BuK SiSi

Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Langkat meluncurkan inovasi baru bagi pemuda yang membutuhkan informasi lowongan kerja.

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Langkat meluncurkan inovasi baru bagi pemuda yang membutuhkan informasi lowongan kerja. 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Langkat meluncurkan inovasi baru bagi pemuda yang membutuhkan informasi lowongan kerja. Mereka meluncurkan program BuK SiSi

Program BuK SiSi merupakan bursa kerja berbasis informasi dan komunikasi. Cara kerjanya Disnaker Langkat membuat aplikasi terkait informasi lowongan kerja dari perusahaan yang ada di Kabupaten Langkat

"Sebuah website aplikasi yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang ada di Langkat dengan data valid dan akuntabel," ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Langkat, Rajanami Y.S.  

Rajanami menjelaskan, masyarakat dengan muda bisa mengakses aplikasi lewat smart phone melalui link http://bursakerja.langkatkab.go.id atau menghubungi Call Center : (061) 8910557.

"BuK SiSi mudahkan masyarakat mengakses info lowongan kerja," katanya. 

Ia mengungkapkan, lahirnya BuK SiSi karena pengin menjawab isu startegis permasalahan di Rencana Startegis (Renstra) Disnaker 2019-2024. 

Saat ini, tidak banyak tenaga kerja lokal terserap di perusahaan yang ada di Kabupaten Langkat serta belum optimalnya informasi pasar kerja di Kabupaten Langkat.

"BuK SiSi lahir, karena saat ini sangat diperlukan suatu sistem mekanisme sarana atau media informasi antara pemberi kerja (perusahaan) kepada para pencari kerja," ujarnya. 

Ia berharap semakin melubernya informasi perihal bursa lowongan kerja maka berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Langkat

"BuK SiSi semoga menjadi solusi untuk mengurangi penganguran lokal, terlebih di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Sebelumnya, BuK SiSi telah dilaunching disaksikan Sekda Langkat dr. H. Indra Salahuddin, di LCC Kantor Bupati Langkat, Rabu (22/9/2021).  Launching turut diikuti para pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Langkat secara virtual melalui aplikasi zoom. 

Dikesempatan itu, Sekda berharap BuK SiSi dapat memberikan kemanfaatan sesuai tujuannya, yakni memberikan informasi kepada pencari kerja, serta tersedianya data ketenagakerjaan yang valid dan akuntabel. Sehingga berkontribusi penyerapan tenaga kerja di Langkat.

Sebagai pendukung dalam membangun bursa kerja ini untuk tahap awal atau jangka pendek Disnaker Langkat telah membuat MoU atau Nota Kesepakatan dengan 8 (delapan) Perusahaan yang ada di Kabupaten Langkat. Seperti, PT. Perkebunan Nusantara II, PT. Langkat Nusantara Kepong, PT. Wira Kreasi Usaha, PT. Buana Estate, PT. Thong Langkat Energi, PT. Aek Simonggo Energy, PT. Satria Parang Tritis, PT. Sriti Rukma Lestari.

(*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved