Breaking News:

Mengurus Administrasi Kependudukan Lebih Gampang, Warga Langkat Cukup Datang di Kecamatan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat, Faizal Rizal Matondang mengajak seluruh masyarakat.

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Langkat menerbitkan aturan baru yang memudahkan warga untuk mengurus administrasi kependudukan. Seperti, pengurusan lewat kecamatan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat, Faizal Rizal Matondang mengajak seluruh masyarakat untuk mengetahui regulasi SPANDUk di LCC Kantor Bupati Langkat. 

"SPANDUK adalah administrasi kependudukan terintegrasi kecamatan di Negeri Bertuah. Sebuah inovasi sistem pelayanan, digagas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat," ujarnya. 

Ia menjelaskan, melalui program SPANDUK, pembuatan identitas kependudukan tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil. Sehingga, masyarakat cukup mengantar berkas saja di kecamatan. Kemudian, operator di kecamatan akan mengirim data lewat mail ke operator Disdukcapil. 

"SPANDUK berlaku untuk pembuatan  KTP Elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan Perceraian, serta administrasi kependudukan lainnya," katanya. 

Selain itu, kata dia, dalam jangka pendek, SPANDUk dilaksanakan pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pematang Jaya, Tanjung Pura dan Kecamatan Kutambaru. 

Sedangkan pada jangka menengah, program tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Besitang, Sei Lepan, Tanjung Pura, Hinai, Bahorok, Selesai dan Kuala. 

Pelaksanaan program ini juga bekerjasama dengan sejumlah pihak. Seperti, Kakan Kemenang Langkat dan Direktur RSUD Tanjungpura. Lalu RSUD Delia. 

"Melalui kerjasama ini, pengurusan akte bayi yang baru lahir bisa dilaksanakan di rumah sakit serta pembuatan akte perkawinan dan perceraian juga bisa di Kemenag, melalui KUA. Salah satu manfaat nyata, bagi masyarakat yang bermukim jauh dari Kantor Disdukcapil, dapat menghemat waktu dan biaya transportasi untuk pembuatan indentitas kependudukannya," ujarnya. 

Lewat program ini, kata dia, bisa wujudkan visi dan misi Pemkab Langkat terkhusus menciptakan reformasi birokrasi dalam mendukung penyelenggaraan sistem tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. 

Lalu, melaksanakan perintah UU No.24  tahun 2013, tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2026, tentang administrasi kependudukan, yakni lembaran negara RI. Dan, tahun 2013 No.262, tambahan lembaran negara RI No. 5475. Serta Permendagri No.19 tahun 2018, tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan. 

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved