Breaking News:

Program Vaksinasi Antisipasi Varian Mu Masuk ke Sumut

Begitu juga dengan sejumlah pelabuhan yang membuka rute pelayaran luar negeri, hingga kini juga belum melayani pelayaran internasional.

Tribun Medan
VAKSINATOR sedang menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang berlangsung di Kantor Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/9). Sejak tiga pekan memberikan layanan di Medan, layanan vaksinasi yang diinisiasi oleh XL Axiata ini telah menyuntikkan vaksin kepada 12.050 warga. Program vaksinasi ini dilaksanakan di 3 kecamatan lainnya dan RSUP H Adam Malik. Hingga masa akhir program nanti, ditargetkan bisa melakukan penyuntikan kepada 20 ribu warga.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Virus Covid-19 varian Mu disebut sudah terdeteksi masuk ke negara tetangga, Malaysia. Diketahui Malaysia berbatasan laut dengan Indonesia, termasuk Sumut. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumut, Ismail Lubis menyebutkan, untuk mengantisipasi itu, maka hingga kini penerbangan dari dan ke luar negeri melalu bandara Kualanamu belum dibuka.

Begitu juga dengan sejumlah pelabuhan yang membuka rute pelayaran luar negeri, hingga kini juga belum melayani pelayaran internasional.

"Masih ditutup aksesnya. Memang baru ada rencana mau dibuka check point. Satgas Covid-19 dengan Menteri Perekonomian ada rencana mau bahas itu," kata Ismail, Jumat (1/10/2021).

Sementara dari sisi kesehatan, antisipasi yang dilakukan, pihaknya kini terus mengoptimalkan vaksinasi kepada masyarakat demi meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity).

Dinkes Sumut akan terus berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut. "Yang saya ingin sampaikan, kita dinas kesehatan, tugasnya bimbingan, pengawasan dan pengendalian. Begitu banyaknya elemen masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi, kami Dinkes Sumut sangat berbahagia dan mensyukuri dengan itu," ucap Ismail.

Baca juga: Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit Telah Suntikan Vaksin Covid-19 Kepada 12.050 Warga Kota Medan

Tingginya antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin yang cukup tinggi, turut diikuti dengan upaya Dinkes Sumut untuk terus mendistribusikan vaksin ke kabupaten/kota.

"Karena herd immunity ini yang terus kita kejar. Pemprov Sumut selama 20 hari ini saya menjabat, jika ada di daerah kekurangan vaksin, akan kita dorong atau distribusikan vaksin," sebutnya.

Sementara itu, varian Mu sudah menyebar di sejumlah negara. Varian Mu memiliki nama lain B.1.621. Varian tersebut merupakan hasil mutasi virus corona lainnya. Kemunculan varian Mu turut mendapat pemantauan dari World Health Organization atau WHO.(ind/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved