Breaking News:

News Video

Saat Tiba di Jayapura, Presiden Joko Widodo Beli 2 Tas Noken dari Mama-mama Papua

Presiden Joko Widodo membeli dua buah tas noken saat berkunjung ke Jayapura, Papua, pada Sabtu (1/10/2021).

Editor: Bobby Silalahi

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Papua antara lain Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

TRIBUN-MEDAN.COM
- Presiden Joko Widodo membeli dua buah tas noken saat berkunjung ke Jayapura, Papua, pada Sabtu (1/10/2021).

Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari kulit kayu atau akar pepohonan.

"Dalam perjalanan menuju hotel di Jayapura sore ini, pandangan saya tertambat pada deretan tas rajutan warna warni yang dijajarkan di pinggir jalan," kata Jokowi menceritakan pengalamannya lewat unggahan di Instagaram resminya @jokowi.

Saat itulah seorang Ibu yang merupakan warga Papua menjelaskan mengenai tas rajut tersebut. "Ini noken, Bapak. Tas dari kulit kayu," demikian kata mama Papua bernama Paulina Adi yang ditemui Jokowi saat menjaga dagangannya.

Kepala Negara lantas membeli dua noken dan segera memakainya dengan mengalungkannya ke lehernya.

Kedua noken itu masing-masing berwarna cokelat kayu dan kombinasi antara merah hati, hitam dan kuning. "Saya beli dua noken dan langsung mengalungkannya. Cocok, bukan?"

Momen Jokowi membeli noken juga diunggah lewat video singkat di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Dalam video itu, Jokowi tampak berbincang dengan ibu pedagang noken yang berada di Sentani, Jayapura.

Perbincangan itu disaksikan oleh masyarakat sekitar yang ramai menonton kedatangan Jokowi. Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan membuka rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Sabtu (2/10/2021).

PON XX akan berlangsung mulai besok hingga 15 Oktober 2021.

Pada hari ini, Jokowi telah bertolak ke Provinsi Papua. Jokowi berangkat bersama rombongan terbatas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.20 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, presiden dan rombongan akan langsung bermalam dan melanjutkan agenda kerja pada Sabtu.

Selain membuka PON, kepala negara juga dijadwalkan meresmikan sejumlah infrastruktur di Papua.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved