Breaking News:

Tabur 35 Ribu Bibit Ikan di Ronggur Nihuta, Bupati Vandiko Minta Warga Sekitar Bersabar

Bupati Samosir Vandiko Gultom, forum pimpinan daerah, dan tokoh masyarakat Ronggur Nihuta menabur benih ikan di Kecamatan Ronggur Nihuta. 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Bupati Samosir Vandiko Gultom menabur bibit ikan di sejumlah titik di Kabupaten Samosir, Kamis (30/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIRBupati Samosir Vandiko Gultom, forum pimpinan daerah, dan tokoh masyarakat Kecamatan Ronggur Nihuta menabur benih ikan di beberapa titik perairan, Kamis (30/9/2021). 

Sebanyak 35 ribu ekor benih ikan Nila ditaburkan di Pea Sihombing, Pea Siguti-guti, Pea Tambok, Pea Gordang di Desa Salaon Tonga-tonga, Kecamatan Ronggur Nihuta pada.

“Penaburan bibit ikan ini nantinya berguna sebagai stok kebutuhan konsumsi masyarakat, khususnya yang berada di dataran tinggi,” ujar Gultom.

Bupati berharap warga bersabar menunggu selama enam bulan sebelum akhirnya kembali memancing di tempat yang telah ditaburi benih ikan. 

"Diharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh warga sekitar agar tidak langsung memancing atau mengambil ikan selama enam bulan sebelum berkembang biak,” sambungnya.

Ia berharap penaburan benih ikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan visi Kabupaten Samosir terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera, dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan,” ungkapnya.  

Plt Kadis Pertanian Jhunellis Sinaga mengatakan bahwa bibit tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Samosir T.A 2021. 

“Penaburan bibit ikan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan stok sumber daya perikanan di pea-pea (embung air) yang ada di Ronggur Nihuta. Selain sebagai stok sumber daya perikanan, penaburan benih ikan ini merupakan sumber produksi perikanan tangkap dan sebagai stok ikan untuk konsumsi masyarakat,” terang Jhunellis Sinaga.

Tokoh masyarakat, Esman Simbolon, mengapresiasi kegiatan penaburan benih ikan di Desa Salaon Tongatonga.

“Semoga kegiatan ini membawa dampak yang lebih baik kepada masyarakat. Kami juga berterimakasih karena jalan yang rusak sudah diperbaiki, meskipun masih berupa sirtu,” ujarnya. (cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved