Breaking News:

Gubernur Edy Rahmayadi Hadiri Panen Raya Jagung di Langkat, Bupati: Dukung Kesejahteraan Petani

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri acara panen raya jagung nusantara di Dusun VI, Bangun Baru, Desa Namu Ukur Utara

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi Menghadiri Acara Panen Raya Jagung di Kabupaten Langkat. Dalam Acara itu Bupati Langkat Akan Menjadi Negeri Betuah Jadi Lumbung Jagung 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri acara panen raya jagung nusantara di Dusun VI, Bangun Baru, Desa Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional 2021. 

Dalam acara itu, Edy Rahmayadi menyampaikan, jagung hasil pertanian dari Langkat akan dijadikan bahan pakan ternak yang dikelola BUMD. Tujuannya, untuk menjaga kestabilan harga pangan khususnya komoditas jagung di Sumut. 

"Tahun depan khusus panen jagung di Desa Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai mencapai delapan sampai 12 ton perhektarnya," ujarnya. 

Ia menambahkan, hasil panen itu bisa membantu target panen jagung di Sumut yang diproyeksikan bisa mencapai 2,5 juta ton. 

"Tahun ini total hasil panen jagung di Sumut sebanyak 1,7 juta ton, dengan surplus hanya 35.986 ton dalam membantu target surplus nasional," katanya. 

Maka dari itu, ia mengajak Pemerintah Kabupaten Langkat untuk bekerja sama dalam melakukan pembinaan terhadap petani, sehingga hasil panen terus ditingkatkan. 

"Untuk kesejahteraan, maka sangat dibutuhkan kerjasama. Termasuk dalam mempererat percepatan penanganan masalah yang timbul," ujarnya

Sedangkan, Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin menjelaskan, luas lahan jagung di Desa Namu Ukur Utara mencapai 456 hektar. Tetapi yang baru ditanami di Desa Namun utara baru mencapai 100 hektar. 

"Tahun ini panen jagung baru mencapai 7 sampai 8 ton perhektarnya," katanya. 

Ia menyatakan, bersedia meningkatkan hasil panen jagung di Kabupaten Langkat sesuai instruksi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Agar kelak Kabupaten Langkat bisa menjaga kestabilan harga jagung di Sumatera Utara.  

Menurut Terbit Rencana, peningkatan hasil pertanian bisa mensejahterakan para petani sebagai wujud visi dan misi menjadikan Kabupaten Langkat yang maju dan sejahtera. 

"Peningkatan hasil pertanian, dapat mensejahterakan para petani di Langkat. Pemkab Langkat akan mendukung dan memfasilitasi program ini dengan maksimal," ujarnya. 

Selain melakukan panen raya di Desa Namu Ukur Utara dengan memetik jagung langsung,

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved