Breaking News:

Kegiatan Pembekalan dan Fasilitas Uji Sertifikasi Kompetisi Tenaga Konstruksi di Deliserdang

Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang, Darwin Zein mengatakan, kemajuan sumber daya manusia bidang konstruksi

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang, Darwin Zein mengatakan, kemajuan sumber daya manusia bidang konstruksi yang berkelanjutan agar menghasilkan orang-orang yang produktif dan kompeten. Sehingga, bisa mendukung jasa konstruksi bidang penyelenggaraan bangunan gedung.  

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM- Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang, Darwin Zein mengatakan, kemajuan sumber daya manusia bidang konstruksi yang berkelanjutan agar menghasilkan orang-orang yang produktif dan kompeten. Sehingga, bisa mendukung jasa konstruksi bidang penyelenggaraan bangunan gedung. 

Karena itu, bakal disiapkan subtansi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) dari Kementerian Pekerjaan Umum khususnya pejabat TPT yang memiliki sertifikasi dan kompeten. 

"Sangat berterima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang berkenan bekerja sama dengan Pemkab Deli Serdang. Kegiatan berguna ini untuk meningkatkan SDM para peserta bidang konstruksi meningkat," ujarnya. 

Ia menambahkan, para tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Deliserdang memiliki sertifikat. Karena itu, kompetensi dan produktivitas tenaga kerja semakin meningkat dan bertambah. 

"Idealnya hasil kerja mereka semakin berkualitas," katanya. 

Lebih lanjut, ia bilang kegiatan ini sangat luar biasa dan bermanfaat dari kepemilikan sertifikat bagi tenaga kerja konstruksi. 

“Saya yakin, para ASN yang mengikuti ujian ini bisa memaksimalkannya maka akan bermanfaat bagi masyarakat di Deli Serdang dalam pelayanan bidang jasa konstruksi," ujarnya. 

Sedangkan, Kepala Jasa Konstruksi Wilayah-1 Banda Aceh, Taufik Alamsyah menyatakan, peningkatan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi berkelanjutan. Agar menghasilkan SDM yang produktif dan kompeten. 

"Merupakan tanggungjawab kita bersama antara pusat dan daerah baik pemerintah maupun swasta. Proses globalisasi yang sedang melanda dunia dewasa ini bukan hanya suatu tantangan tetapi juga membuka peluang besar terutama bagi asosiasi  profesi dan pelatihan jasa konstruksi yang mempunyai potensi untuk ikut mengarahkan arus globalisasi tersebut," katanya. 

Ia menambahkan, kerja sama aktif dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang pelatihan dengan lembaga jasa konstruksi di lingkungan Asean merupakan tantangan yang harus segera diwujudkan. 

Sebelumnya, pada laporan penyelenggara yang disampaikan Anggiat P. Sipayung ST mengatakan bahwa kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja ini diikuti oleh 21 pegawai ASN dari Dinas Perumahan  dan Kawasan Permukiman Kabupaten Deli Serdang.

"Satu Pegawai ASN dari Dinas PUPR Kab. Deli Serdang dan 1 Pegawai ASN dari Dinas Pendidikan Kab. Deli Serdang," ujarnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula P3UD Deli Serdang di Tanjung Morawa dimulai dari tanggal 30 September sampai dengan 1 Oktober 2021. Instruktur berasal dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua.

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved