Breaking News:

Jabatan Sekda Sumut Bakal Dilelang, Pemprov Persiapkan Pansel Jabatan Eselon I

Pemprov Sumut akan melelang jabatan Sekda dalam waktu dekat ini. Berikut adalah penjelasan singkat dari Pemprov Sumut

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Kepala BKD Sumut Faisal Arif Nasution saat diwawancarai soal pembentukan Timsel Sekda Pemprov Sumut, Selasa (8/6/2021).(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara disebut tengah mempersiapkan panitia seleksi (pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya/Eselon I.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Faisal Arif Nasution, ketika dikonfirmasi Tribun Medan pada Selasa (5/10/2021).

"Ya sedang dipersiapkan untuk pansel nya," kata Faisal, Selasa.

Baca juga: RESPONS Menohok Gubernur Edy setelah DPRD Sumut Desak Lelang Jabatan Sekda yang Kosong: Saya Curiga

Disebutkan Faisal, salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti lelang jabatan JPT Madya/Eselon I Pemprov Sumut, memiliki golongan IV D atau minimal memiliki golongan IV/C.

Dan di Pemprov Sumut, kini ada sejumlah pejabat eselon II yang telah memenuhi persyaratan tersebut.

"Syarat IV/C juga bisa untuk JPT Madya. Golongan IV/D ada beberapa pejabat Pemprov Sumut. Yang IV/D usia diatas 56 tahun ada 10 pejabat, yang IV/D usia dibawah 56 tahun ada 7 pejabat. Selebihnya ada yang IV/C," jelasnya.

Khusus untuk pejabat yang memiliki golongan IV/C, dan ingin mengikuti lelang jabatan JPT Madya/Eselon I Pemprov Sumut, usianya harus di bawah 56 tahun saat dilantik menjadi Sekda.

Baca juga: Isu Settingan Lelang Jabatan Pemprov Sumut, Ini Jawaban Pj Sekda Pemprov Sumut

"Kalau persyaratan untuk JPT Madya bisa golongan IV/C usia di bawah 56 tahun pada saat dilantik," ujar Faisal.

Diketahui saat ini jabatan Sekda/eselon I Pemprov Sumut diemban seorang Penjabat (Pj), usai pejabat sebelumnya yakni R Sabrina memasuki masa pensiun dan terkahir bertugas sebagai PNS pada 31 Mei 2021 lalu.

Adapun Pj Sekda yakni Afifi Lubis yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPRD Sumut.

Sebelumnya Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menjelaskan alasan Pemprov Sumut hingga kini belum juga membuka lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda)/Eselon I.

Baca juga: 11 Lelang Jabatan Eselon II jelang Akhir Jabatan Wali Kota Siantar Dipertanyakan, Ini Statemen ILAJ

"Pasti dilakukan. Untuk menjadi Sekda atau Eselon I itu memerlukan tuntutan pangkat. Jadi harus tahu semua pihak," kata Edy di Masjid Agung Medan, Selasa (28/9/2021).

Diungkapkan mantan Pangkostrad itu, jabatan Sekda Sumut hanya bisa diisi oleh PNS yang memiliki golongan IV/D. Namun, di Pemprov Sumut, PNS yang memenuhi kriteria tersebut saat ini hanya satu orang.

Sehingga, Edy menilai, agar berjalan kompetitif maka pihaknya mengundurkan pelaksanaan lelang posisi jabatan Sekda Sumut/Eselon I hingga beberapa bulan ke depan.

"Yang punya IV/D, sekarang ini hanya satu orang. Maka kita Plt (Pj) kan dulu. Sehingga di tahun ini mereka semua sudah ada. Sehingga kompetisi lebih fair. Memenuhi persyaratan. Kalau kemarin saya buka, yang daftar hanya satu orang," ungkapnya.(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved