Breaking News:

PON XX 2021 Papua

Membanggakan, Atlet Asal Binjai Pecahkan Rekor PON Cabang Lempar Lembing!

Atlet asal Binjai ini sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Agustinus Mahuse dengan jarak 68.81 meter.

TRIBUN MEDAN/HO
Atlet lempar lembing Sumut, Abdul Hafiz berpose sambil menggigit medali emas yang diraihnya usai pecahkan rekor lemparan sejauh 71,03 meter, di Stadion Atletik Mimika, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MIMIKA - Kontingen Sumatera Utara menambah satu emas dan satu perak pada hari pertama perlomaan cabang atletik PON ke-20 di Papua 2021 di Stadion Atletik Mimika, Selasa (5/10/2021).

Medali emas disumbangkan Abdul Hafiz dari nomor lempar lembing dan perak dipersembahkan Syafwan Hafizah nomor lompat jauh putra.

Abdul Hafiz meraih medali emas setelah mencatatkan lemparan sejauh 71,03 meter. Lemparan atlet asal Binjai ini sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Agustinus Mahuse dengan jarak 68.81 meter.

Agustinus sendiri pada lomba ini harus puas meraih perak dengan lemparan 64.58, sementara perunggu diraih wakil Bengkulu, Egi Patil Pranata dengan jarak 63.22m.

Sementara itu di nomor lomba lompat jauh, atlet Sumut, Syafwan mendapat perak setelah melakukan lompatan sejauh 7.34 m. Medali emas nomor ini diraih Safwaturrahman wakil NTB dengan jarak 7.58m dan perunggu untuk Suwandi Wijaya  wakil Babel, 7.31m.

Sayangnya prestasi Hafiz dan Syafwan gagal diikuti Pretty Sihite yang turun di nomor lari 5.000 m putri. Meski telah berupaya sekuat tenaga, pelari asal Sibolga ini finis di urutan keempat.

Demikian pula halnya Khairuddin Syahputra yang menduduki peringkat keempat nomor lari gawang 110 m putra.

Pelempar lembing Sumut, Abdul Hafiz beraksi saat mengikuti nomor final lempar lembing PON ke-20 Papua 2021, di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021).
Pelempar lembing Sumut, Abdul Hafiz beraksi saat mengikuti nomor final lempar lembing PON ke-20 Papua 2021, di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (PB PON Papua/Rommy Pujianto)

Pelatih atletik Sumut, Joseph Lummy  bersyukur dan merasa bangga dengan capaian anak didiknya, M Hafiz.

"Terakhir saat SEA Games Philipina 2019 mendapat medali perak. Lemparannya 71.00 m. Namun di PON Papua lemparannya 71.03 m. Lemparannya ini tidak saja memecahkan rekor pribadi, tapi juga rekor PON," ujarnya.

Tambahnya, mulai kesempatan pertama hingga kelima, lemparan Hafiz berada di kisaran 67-an meter. Baru di lemparan keenam ia melakukan lemparan 71.03 m.

Disinggung mengenai startegi yang diberikannya, Joseph menyebutkan dirinya memang memotivasi Hafiz untuk membuktikan bahwa ialah yang terbaik di Tanah Air saat ini.

"Kita bersyukur atas raihan pada hari pertama cabang atletik ini. Semoga saja ini merupakan awal yang baik," ucap Pelatih Sinung Nugroho.

Sekretaris Pengprov PASI Sumut, Suharjo, ketika dihubungi juga mengaku senang. Dengan raihan prestasi ini, dia yakin target dua medali emas pada PON kali ini, bakal tercapai.

"Alhamdullilah, kita meraih satu emas dan satu perak pada hari pertama. Ini merupakan awal yang bagus. Kita yakin target dua emas bisa dilampui," katanya. (cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved