Breaking News:

66 Desa di Nias Akhirnya Terfasilitasi Jaringan 4G XL, Komitmen Dukung Layanan 4G di Desa Terpencil

Program ini merupakan bagian dari realisasi jaringan 4G Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
HO
Warga desa saat menggunakan jaringan internet di salah satu desa di Nias beberapa waktu lalu.   

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terpilih menjadi salah satu operator mitra kerja sama pemerintah dalam program penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). 

Program ini merupakan bagian dari realisasi jaringan 4G Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). 

Khusus di Sumatera Utara, program ini menjangkau 66 desa di 12 kecamatan yang masuk wilayah 3 kabupaten di Nias. Untuk Kabupaten Nias Barat, ada Desa Balowondrate, Bawosaloo, Halamona, Hanofa, Hinako, Imana, Kafo Kafo, Lahawa, Pulau Bogi dan Tuwa Tuwa (Kecamatan Sirombu). 

Baca juga: Materi Belajar Matematika SMP: Belajar Rumus Peluang Lengkap dengan Contoh Soal

Kabupaten Nias Selatan mencakup Desa Hilimbulawa dan Hilisaloo (Kecamatan Amandraya), Baruyu Sibohou, Duru, Eho, Hilianombasela, Hilikana, Hilinifaese, Lumbui Melayu, Lumbui Nias, Omega, Sepakat, Sialema, Tano Mokinu, Tebolo Melayu, Tuwaso (Kecamatan Hibala), Hiliaurifa Hilisimaetano (Kecamatan Maniamolo), Koto dan Orahili (Kecamatan Pulau-Pulau Batu), Bawolawindra, Bawositora, Hilizamorogotano (Kecamatan Pulau-Pulau Batu Barat), Adam, Bais, Bais Baru, Labuan Rima, Labuan Rima Baru, Lambak, Mahang Labara (Kecamatan Pulau-pulau Batu Timur), Afore Gobo, Bale-Bale Sibohou, Limo Biang, Memong, Teluk Limo, Wawa dan Ziabiang (Kecamatan Pulau-Pulau Batu Utara).

Kemudian juga ada di Desa Gobo, Gondia, Maufa, Silina dan Silina Baru (Kecamatan Simuk), Baluta, Bawo Ofuloa, Bawo Orudua, Bawoanalita Saeru, Eho Baluta, Hale Baluta, Hiligeho Sogawu, Hilimasio, Jeke, Makole, Saeru Melayu dan Sifauruasi (Kecamatan Tanah Masa). 

Sedangkan di Kabupaten Nias Utara meliputi Desa Faekhuna’a (Kecamatan Afulu), Hiligawolo dan Marafala (Kecamatan Lahewa).

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan bahwa XL Axiata menjamin titik penyaluran berada di area terpencil yang sebelumnya sama sekali tak mendapat akses internet.

"Total ada 132 titik desa kategori 3T yang berada di tujuh provinsi yang akan kami kelola melalui program USO ini.

Semua titik tersebut berada di area yang benar-benar terpencil, bahkan hampir semuanya berada di perbatasan wilayah NKRI dengan wilayah negara tetangga atau perairan internasional.

Karena itu kami merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola jaringan dan layanan 4G di titik-titik terpencil tersebut, karena ini tidak hanya bicara tentang bisnis, tetapi juga menyangkut bagaimana kami terpanggil untuk turut memperkuat kedaulatan wilayah Republik Indonesia," ungkap Gede, Rabu (6/10/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved