Breaking News:

Hari Aksi Bersih Sedunia, WCD Kota Medan Gelar Aksi Pengumpulan dan Pemilahan Sampah Daur Ulang

Konsep Aksi WCD tahun ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan masyarakat tentang pemilahan sampah.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Aksi WCD Kota Medan melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah daur ulang di beberapa titik kumpul di 20 kecamatan Kota Medan yang dimulai sejak tanggal 12- 17 September 2021 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - World Cleanup Day (WCD) atau Hari Aksi Bersih Sedunia merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan mengkampanyekan permasalahan sampah yang sedang kita  hadapi.

Gerakan World Cleanup Day (Aksi Bersih Sedunia) diinisiasikan di Estonia oleh Let’s Do It World (LDIW) pada tahun 2008. Berawal di negara kecil yang menggerakkan 5% populasinya untuk melakukan aksi bersih serentak dalam 1 hari, telah menggugah negara-negara lainnya untuk turut melakukan hal yang sama. Tak terkecuali Indonesia yang sudah melakukan Gerakan ini sejak tahun 2018.

Kegiatan WCD yang dilakukan dalam satu hari dan secara massal tidak dapat dilakukan di masa pandemi saat ini. Maka untuk kegiatan WCD Medan 2021 mengusung aksi pemilahan sampah dari rumah.

Aksi WCD Kota Medan melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah daur ulang di beberapa titik kumpul di 20 kecamatan Kota Medan yang dimulai sejak tanggal 12- 17 September 2021
Aksi WCD Kota Medan melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah daur ulang di beberapa titik kumpul di 20 kecamatan Kota Medan yang dimulai sejak tanggal 12- 17 September 2021 (Tribun Medan/HO)

Konsep Aksi WCD tahun ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan masyarakat tentang pemilahan sampah. Harapannya kegiatan ini tidak hanya event semata, tetapi dapat menjadi kebiasaan yang baik dalam pengelolaan sampah rumah tangga oleh masyarakat.

Kegiatan dimulai sejak tanggal 12- 17 September 2021 dengan melakukan pemilahan sampah dari rumah sesuai dengan jenisnya seperti, Organik, Daur Ulang dan Residu.

Serta, peserta melakukan pendataan mandiri seperti penimbangan sampah dan memasukkan data hasil pilahan pada form yang disediakan.

Pada acara puncak 18 September 2021 dilakukan pengumpulan dan pemilahan sampah daur ulang dari  peserta aksi. Pengumpulan sampah daur ulang dilakukan beberapa titik kumpul di 20 kecamatan Kota Medan.

Aksi pemilahan dilaksanakan dengan partisipasi dari kecamatan, masyarakat, Bank Sampah, perusahaan, sekolah dan komunitas. Hal ini dilakukan untuk kita bersama-sama  baik dari pemerintah dan masyarakat untuk membangun serta menerapkan budaya pemilahan sampah.

Acara puncak ini disponsori oleh PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, didukung oleh Roda Hijau dan Lions Club International Distrik 307-A2 yang bersedia berperan dan membantu berjalannya kegiatan WCD Medan 2021.

Pencapaian WCD Medan tahun 2021, berhasil mengumpulkan sekitar 7.290 Kg sampah daur ulang dengan jumlah partisipan mencapai 4.839 peserta. Pencapaian ini telah dipublikasikan dalam kegiatan webinar yang dilaksanakan pada 21 September 2021 berkolaborasi dengan BEM UPH , Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Komnas PKLH dan narasumber lainnya.

Hasil Penjualan  sampah daur terpilah  akan  dikonversikan menjadi bibit tanaman yang nantinya akan ditanam di Daerah Aliran Sungai dan Hutan Kota di Medan. Sehingga hasil dari Aksi WCD tahun ini akan terus memberikan manfaat atas  kepedulian masyarakat.

Seluruh aksi WCD Kota Medan tahun 2021 ini telah dicanangkan menjadi fondasi untuk pelaksanaan tahun 2022 yang ditargetkan akan diikuti oleh 50.000 orang dengan program “Bersih Dimulai dari Lingkungan Kita”

Harapan kita semua dari kegiatan ini akan memberi dampak peningkatan kepeduliaan kita terhadap lingkungan khususnya masalah persampahan. Mari kita bergerak menuju Kota Medan tercinta yang lebih Baik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved