Breaking News:

Gelegar Payung Nusantara Bakal Jadi Event Lukis Virtual Terheboh Tahun 2021

Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar bersama Fasilitas Bantuan Kebudayaan (FBK) Kemendikbud RI akan menggelar lomba seni lukis payung virtual

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ismail
Dok. Sanggar Lukis Qalam Jihad
Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar bersama Fasilitas Bantuan Kebudayaan (FBK) Kemendikbud RI akan menggelar lomba seni lukis payung virtual, bernama Gelegar Payung Nusantara pada 28-29 Oktober 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Bagi pencinta seni lukis di Sumatera Utara, Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar bersama Fasilitas Bantuan Kebudayaan (FBK) Kemendikbud RI akan menggelar lomba seni lukis payung virtual, bernama Gelegar Payung Nusantara pada 28-29 Oktober 2021.

Event yang ditunggu-tunggu seniman lukis di Sumatera Utara ini menyuguhkan benefit yang menarik. Setiap peserta akan mendapatkan cat, pallet, kaos, media lukis yaitu payung, dan uang pengganti paket data untuk mendokumentasikan karya, yang nilainya mencapai Rp 300 ribu.

Alhasil, sehari saat pendaftaran lomba dibuka, kuota 100 peserta sudah terpenuhi. Event Gelegar Payung Nusantara ini pun sudah booming di kalangan seniman Sumatera Utara.

"Jadi pada hajatan ini, kita ingin menaikkan pemahaman masyarakat tentang filosofi payung. Payung sebagai media seni dengan tema kebudayaan," ujar Zainal Abidin Lubis, ketua Sanggar Seni Lukis Qalam Jihad, Kamis (7/10/2021).

Pria yang sudah 19 tahun bergerak di dunia seni ini mengatakan, event yang diselenggarakan merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap seniman di Sumatera Utara. Adapun payung sebagai objek yang dilukis, menjadi pembeda dari event lukis biasa.

"Kita ada talkshow tentang sudut pandang terhadap payung. Baik payung sebagai fungsi sebenarnya, payung sebagai simbol kehidupan, kebudayaan, maupun perlindungan," ujar Zainal yang antusias dengan hajatan ini.

Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar bersama Fasilitas Bantuan Kebudayaan (FBK) Kemendikbud RI akan menggelar lomba seni lukis payung virtual, bernama Gelegar Payung Nusantara pada 28-29 Oktober 2021.
Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar bersama Fasilitas Bantuan Kebudayaan (FBK) Kemendikbud RI akan menggelar lomba seni lukis payung virtual, bernama Gelegar Payung Nusantara pada 28-29 Oktober 2021. (Dok. Sanggar Lukis Qalam Jihad)

Zainal menjelaskan, Gelegar Lukis Qalam Jihad ini dilaksanakan secara virtual agar mengasah kembali jiwa seni dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sanggar Lukis Qalam Jihad membagi beberapa kategori lomba, mulai dari SD (kelas 4,5,6), SMP, SMA, dan peserta umum. Dengan hadiah akan diberikan kepada 10 orang terbaik pada masing-masing kategori.

"Awalnya kita berniat membuat pagelaran, tapi kemudian menjadi perlombaan. Ini dilakukan secara virtual. Peserta kita beri semua peralatan yang kita distribusikan. Kita beri waktu 3 hari untuk mereka menyelesaikan karya lukis dengan menunjukkan videonya," jelas Zainal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved