Breaking News:

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Menurut American Heart Association kacang hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung karena mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin.

sajiansedap
Bubur Kacang Hijau yang mudah dibuat di rumah 

TRIBUN-MEDAN.com - Kacang hijau adalah tananam yang banyak tumbuh di Indonesia dan menjadi salah satu sumber pangan yang kerap dikonsumi karena manfaatnya yang bagus bagi kesehatan.

Kacang hijau menjadi salah satu sumber kalium terbaik pada makanan yang menjaga kesehatan jantung.

Menurut American Heart Association kacang hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung karena mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin.

Kedua zat ini dapat menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak.

Selain kedua zat itu kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam cinnamic dan lainnya.

Antioksidan juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas dan penumpukan plak. Antioksidan akan menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dari inflamasi yang memicu masalah kesehatan.

Berikut kami rangkum manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh.

1. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

2. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau dikenal kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved