Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Ekonomi Kelas 8: Empat Tujuan Kebijakan Moneter, Pengertian, dan Jenis-jenisnya

Kita akan membahas tentang kebijakan moneter, mulai dari pengertian secara umum, tujuan, dan jenis-jenis dari kebijakan moneter yang akan menjadi baha

KOMPAS/PRIYOMBODO
Uang lama berbagai pecahan termasuk pecahan kecil ditawarkan oleh pedagang uang di kawasan Pasar Baru, Sabtu (26/1/2013). Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia diharapkan gencar menyosialisasikan rencana redenominasi atau penyederhanaan pecahan rupiah agar masyarakat siap dan redenominasi tidak menimbulkan dampak inflasi. 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar ekonomi kelas 8 akan membahas tentang kebijakan moneter. Ada empat tujuan kebijakan moneter, pengertian kebijakan moneter, dan fungsi kebijakan moneter.

Pembahasan  materi ekonomi kali ini tentang kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas peredaran uang. 

Kita akan membahas tentang kebijakan moneter, mulai dari pengertian secara umum, tujuan, dan jenis-jenis dari kebijakan moneter yang akan menjadi bahan referensi.

Dalam buku ajar ekonomi (2020) oleh Basuki, kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah melalui bank sentral sebagai pemegang otoritas moneter untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar dalam rangka mencapai kestabilan ekonomi.

Atau lebih sederhana lagi, kebijakan moneter adalah langkah-langkah yang diambil penguasa moneter (bank sentral) untuk mempengaruhi jumlah uang beredar.

Kebijakan ini diambil memiliki tujuan terhadap ekonomi.

Tujuan kebijakan moneter adalah untuk pengendalian ekonomi secara makro agar tercipta kestabilan ekonomi dengan mengatur jumlah yang yang beredar.

Dengan terkendalinya peredaran uang, inflasi bisa dikendalikan.

Selain pengaturan jumlah uang yang beredar, instrumen kebijakan moneter lainnya yakni penetapan suku bunga acuan dari bank sentral.

Apabila kestabilan dalam kondisi perekonomian terganggu, maka kebijakan moneter bisa digunakan untuk memulihkan atau stabilisasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved