Breaking News:

Tim Verifikasi dan Identifikasi Masyarakat Adat Mulai Bekerja di Toba dan Taput

Ada 20 masyarakat adat yang bakal diidentifikasi dan diverifikasi di Toba dan Taput.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MAURITS PARDOSI
Warga yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat (Gerak) Tutup TPL serukan percepatan kinerja tim verifikasi dan identifikasi, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Tim Verifikasi dan Identifikasi mulai bekerja di Toba dan Tapanuli Utara.

Peninjauan ke lokasi dimulai sejak hari ini, Jumat (8/10/2021) hingga Senin (18/20/2021).

Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) tergabung dalam Tim Verifiksasi dan Identifikasi. 

“Ada 20 masyarakat adat yang bakal diidentifikasi dan diverifikasi di Toba dan Taput. Kami sebagai fasilitator masyarakat adat siap mengawal proses identifikasi dan verifikasi tersebut. Kami berharap dalam sepuluh hari ke depan tim bisa menemukan titik terang dan bahwa hasil ini bukanlah sesuatu yang diburu waktu,” ujar Direktur KSPPM Delima Silalahi, Jumat (8/10/2021).

Secara tegas, ia menyampaikan bahwa pihak tim verifikasi dan identifikasi akan secara jujur memproses dan tidak terprovokasi dengan kepentingan perusahaan, khususnya PT Toba Pulp Lestari.

“Kita harapkan bahwa KLHK, Pemkab Taput dan Pemkab Toba, akademisi tidak berpihak pada perusahaan. Karena kami menangkap dari perangkat kecamatan baik dari Pemkab Taput maupun Pemkab Toba selalu memperbincangkan konsesi TPL, seakan masyarakat adat itu tidak bisa lagi mengklaim kalau lahan itu sudah menjadi konsesi TPL” tuturnya.

“Yang diperjuangkan ini adalah tanah ulayat, kita harus terlepas dari mau ada konsesi TPL atau tidak. Maka, dengan adanya tim ini, kita berharap semuanya semakin jelas,” sambungnya.

“Jangan ada kepentingan-kepentingan lain yang menyusup dalam proses ini, secara khusus kepentingan PT TPL,” pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved