Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sekolah, Tsunami: Tanda-tanda dan Prosesnya

Materi belajar sekolah tentang tsunami mulai dari tanda-tanda dan proses terjadinya.

google Ilustrasi
tsunami 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar sekolah tentang tsunami mulai dari tanda-tanda dan proses terjadinya.

Pada Desember, dua bencana tsunami melanda Indonesia. Tsunami terjadi di Aceh pada Desember 2004 dan di Banten pada Desember 2018. Ribuan orang tewas akibat bencana itu.

Meski sering mendengar, pahamkah Anda bagaimana tsunami bisa terjadi? Apa sebenarnya itu tsunami? Serta apa saja tanda-tandanya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tsunami adalah gelombang laut dahsyat (gelombang pasang) yang terjadi karena gempa bumi atau letusan gunung api di dasar laut.

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang artinya gelombang pelabuhan. Bencana ini punya nama Jepang karena Jepang menjadi negara yang paling sering terdampak tsunami.

Dilansir dari Kompas.com, Perekayasa Bidang Kelautan Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai (BTIPFP) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widyo Kongko, menjelaskan tsunami ialah bencana alam yang paling mungkin terjadi di daerah yang memiliki lempeng benua dan lempeng samudera.

Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng tektonik yang terus bergerak, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

 

Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia. Sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal, tsunami berpotensi terjadi. Ketiga lempeng tersebut saling bergerak dan tidak pernah berhenti selama Bumi berputar.

"Pertanyaannya adalah, kapan lempeng akan melepaskan energi. Itu yang tidak kita tahu," ujar Widjo yang mendalami tsunami pada Juli 2019 lalu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved