Breaking News:

Petugas Rutan Kelas II B Tanjungpura Gagalkan Penyeludupan Sabu

Sewaktu diperiksa, petugas menemukan sabu yang sudah terbungkus rapi di dalam tape.

Penulis: Satia | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
HO
PETUGAS Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjung Pura Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kabupaten Langkat menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu kepada warga binaan. 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjung Pura Kabupaten Langkat menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu kepada warga binaan.

Upaya tersebut dilakukan oleh seorang pengunjung berinisial W. Caranya W memasukan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam makanan tape.

Karutan Kelas II B Tanjung Pura, Parlindungan Siregar mengatakan, saat itu petugas merasa curiga dengan gelagat pengunjung W. Sewaktu diperiksa, petugas menemukan sabu yang sudah terbungkus rapi di dalam tape.

Di awal, kata Parlindungan, petugas tidak menemukan adanya barang atau makanan berbahaya.  “Namun saat itu petugas curiga karena di dalam bungkusan tape ada benda kecil yang keras,” kata Parlindungan, Jumat (8/10/2021).

Karena itu, petugas pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menekan satu persatu tape tersebut. Pemeriksaan ini turut disaksikan oleh W.

"Saat diperiksa, petugas menemukan satu bungkus paket kecil yang diduga narkotika jenis sabu di dalam makanan tape tersebut. Atas temuan ini, saya langsung minta kepada Kepala Pengamanan Rumah Tahanan supaya memeriksa warga binaan dan berkoordinasi dengan Polsek Tanjung Pura," katanya.

Baca juga: Penyelundupan Sabu Dalam Tape Berhasil Digagalkan Petugas Rutan Kelas II B Tanjungpura

Tak lama berselang, Polsek Tanjung Pura tiba di lokasi. Selain W, polisi juga mengambil keterangan Z. Bahkan untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, Polsek Tanjung Pura membawa W. "Atas temuan ini, saya menginstruksikan kepada jajaran untuk lebih ketat lagi melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap barang titipan berupa makanan dari pengunjung ke Rutan Tanjung Pura," katanya.

Sementara itu, petugas Reserse Kriminal Polsek Tanjung Pura melakukan penyelidikan setelah mengamankan W. yang berupaya menyelundupkan sabu ke dalam Rumah Tahanan Negara Tanjung Pura. Hasil pemeriksaan awal, sabu yang dibalut tape tersebut adalah makanan dari istri warga binaan, Zakaria.

"Tersangka (W) tidak mengetahui bahwa di dalam bungkusan makanan tersebut terdapat narkotika jenis sabu. Makanan tersebut akan diberikan kepada seorang tahanan di Rutan Tanjung Pura atas nama Zakaria yang masih berstatus tahanan dari Jaksa Penuntut Umum," kata Kapolsek Tanjung Pura, AKP Rudy Saputra, Jumat (8/10/2021).

Kepada polisi, tersangka mengakui bahwa makanan tersebut diterima dari istri Zakaria berinisial A. "Tersangka juga menerangkan bahwa datang ke Rutan Tanjung Pura bersama seorang laki-laki bernama Chandra (18). Namun, temannya tersebut menunggu di parkiran," ucapnya. (wen/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved