Breaking News:

Sergai Terima 58 Ribu Dosis Vaksin Pfizer, Harus Habis dalam 20 Hari

Oleh sebab itu dalam pelaksanaan vaksin kita harus cari sasaran terlebih dahulu sehingga vaksin tersebut benar-benar terpakai dengan baik.

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Eti Wahyuni

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang yang sekaligus merupakan Wakil Ketua Satgas Covid-19 Serdangbedagai mengatakan, guna menjadikan Sergai zona hijau, ia meminta kepada Puskesmas-puskesmas untuk segera menyelesaikan vaksinasi sesuai target.

Hal ini disampaikan Robin, saat memimpin rapat koordinasi penggunaan vaksin Pfizer di Pacuan Kuda Ayen, Dusun XV, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, Sumatera Utara.

"Jika percepatan vaksinasi dilakukan Kabupaten Sergai akan segera menjadi zona hijau terhadap penyebaran Covid-19. Selain itu masa kedaluwarsa vaksin Pfizer juga sangat cepat sehingga harus cepat dan tepat dalam pelaksanaan vaksinasi," ujar Robin, Minggu (10/10).

Sementara itu, Kabupaten Serdangbedagai menerima vaksin Pfizer sebanyak 58 ribu dosis dan harus dihabiskan selama 20 hari.

Baca juga: Pantai Cemara Kembari, Lokasi Wisata di Sergai yang Tawarkan Sensasi Ala Luar Negeri

"Untuk itu Kepala Puskesmas bisa melakukan vaksin namun harus sesuai target. Dan perlu kerjasama Camat, Kapolsek, dan Satgas Covid-19 desa untuk pelaksanaannya. Sistem penyimpanan vaksin Pfizer ini harus dengan baik sehingga tidak kedaluwarsa. Saya harap juga untuk segera dilakukan vaksin dosis I," sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, Lia Agustina Simamora mengatakan, jika vaksin Pfizer sangat bagus dan disimpan dalam suhu 70 derejat celcius.

"Vaksin kita hanya bertahan di freezer selama dua minggu," ujar Lia. Sambung Lia, vaksin Pfizer ini bisa dipakai untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

"Untuk ibu hamil dan ibu menyusui boleh di vaksin. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan vaksin kita harus cari sasaran terlebih dahulu sehingga vaksin tersebut benar-benar terpakai dengan baik," tutup Lia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved