Breaking News:

Penggerebekan FIB USU

Berita Foto: BNNP Sumatera Utara Berhasil Mengungkap Peredaran Narkoba Jenis Ganja di Kampus USU

BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 pengguna narkoba diantaranya mahasiswa aktif.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan (kiri) memberikan keterangan terkait penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. 

TRIBUN-MEDAN.COM, Medan - Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan memberikan keterangan terkait penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba 14 orang diantaranya mahasiswa yang masih aktif , serta mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan (tengah) memberikan keterangan terkait penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan (tengah) memberikan keterangan terkait penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Pihaknya menjelaskan dari hasil razia ada 47 orang yang diamankan di TKP. Kemudian, dilakukan tes urine, ternyata ada 31 orang positif menggunakan Narkotika golongan I jenis ganja. Sementara lainnya negatif sehingga tidak dibawa ke kantor BNNP Sumut. Setelah itu, yang positif didata dan didapati ada 14 orang mahasiswa aktif USU dan 6 orang alumni USU.

Petugas BNNP Sumut menyusun barang bukti narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Petugas BNNP Sumut menyusun barang bukti narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Hal itu dikatakannya untuk merespon penggerebekan yang dilakukan BNN Sumut pada Sabtu (9/10/2021), di Fakultas Ilmu Budaya USU sekitar pukul 22.30 WIB. Toga juga menjelaskan nanti akan merilis khusus untuk data terkait berapa mahasiswa yang ditangkap saat BNN menggerebek Fakultas Ilmu Budaya.

Tiga tersangka pengedar narkoba di USU dihadirkan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Tiga tersangka pengedar narkoba di USU dihadirkan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Muryanto menegaskan kampus USU harus bersih dari narkoba dan tidak akan membiarkan mahasiswa ada yang bermain - main dengan narkoba. Ia pun menjelaskan untuk mahasiswa USU yang ditangkap BNN saat ini jika ada yang dikenakan sanksi berat, maka pihak kampus juga akan memberikan sanksi berat pula.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan (tiga kiri) beserta jajaran menunjukkan barang bukti hasil penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan (tiga kiri) beserta jajaran menunjukkan barang bukti hasil penangkapan narkoba saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Muryanto pun mengungkapkan dari awal pihaknya dengan para dosen dan dekan memutuskan bahwa jangan ada lagi mahasiswa yang ngumpul di ruangan sampai malam hari bila memang tidak produktif. Sebelumnya diberitakan, sejumlah mahasiswa dikabarkan ditangkap oleh BNN Sumut di wilayah FIB USU.

Sejumlah tersangka pengguna narkoba di USU dihadirkan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Sejumlah tersangka pengguna narkoba di USU dihadirkan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Humas Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia membenarkan kabar tersebut. Namun, ia belum membeberkan kronologis kejadian penangkapan itu. Ia mengatakan bahwa penangkapan tersebut berlangsung sekira pukul 24.00 WIB. Amalia membeberkan bahwa bukan hanya mahasiswa USU saja yang diamankan. Namun, ada sejumlah mahasiswa dari kampus yang lain.

Tiga tersangka pengedar narkoba di USU memberikan keterangan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). Pihak BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram.
Tiga tersangka pengedar narkoba di USU memberikan keterangan saat gelar kasus di kantor BNNP Sumut, Deliserdang, Senin (11/10/2021). Pihak BBNP Sumut melakukan kerja sama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menangkap 31 orang pengguna narkoba, 14 orang diantaranya mahasiswa dan mengamankan barang bukti ganja kering seberat 508,6 gram. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Ia mengatakan semua mahasiswa tersebut diamankan di FIB. Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan pihak BNN terlebih dahulu tentang penangkapan tersebut. Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan bertemu dengan pihak BNN untuk mengetahui informasi kronologis penangkapan.

(sir/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved