Breaking News:

Kisah Sukses LPK Keriahen, Kembangkan Dunia Menjahit di Kampung Sendiri

Keriahen ini juga merupakan lembaga kursus menjahit pertama kali yang ada di Kota Medan. 

TRIBUN MEDAN/Angel Aginta
Andasman Karo-Karo (tengah kiri), Roslina Tarigan (tengah kanan), Putra Dhuane Karo-Karo (kanan) dalam program Cakap Cakap Bisnis Tribun Medan, Senin (11/10/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Masyarakat Kota Medan pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Keriahen sejak masa kecil. 

Keriahen yang merupakan Lembaga Pelatihan Kursus (LPK) menjahit memang sudah lama berdiri bahkan kini telah memasuki tahun ke 36 tahun. 

Keriahen ini juga merupakan lembaga kursus menjahit pertama kali yang ada di Kota Medan. 

LPK Keriahen ini sendiri didirikan oleh pasangan suami istri yang menggemari dunia menjahit yaitu Andasman Karo-Karo dan Roslina Tarigan. 

Membangun LPK Keriahen pada tahun 1985, Andasman yang mendapatkan ilmu menjahit dan pernah menjadi instruktur di Jakarta pada tahun 1977 ingin mengembangkan di daerahnya sendiri. 

"Jadi pada September 1984 saya dan istri berpikir untuk mengembangkan kursus menjahit ini di daerah sendiri. Lalu saya bukalah untuk pertama kalinya di daerah Kampung Lalang pada 5 Januari 1985," tuturnya. 

Baca juga: Fiwi dan RH Bawa Kemenangan Untuk PSMS Medan, Berhasil Bobol Gawang Babel

Semakin lama, kursus menjahit Keriahen semakin banyak diminati oleh masyarakat Kota Medan yang ingin mengembangkan skill menjahitnya. 

Andasman pun membuka satu persatu cabang di berbagai titik kota mulai dari Padang Bulan, Binjai, Simpang Marindal, Aksara, dan Marelan dan terakhir Stabat.

Ia juga menyampaikan tujuannya dalam mengembangkan kursus menjahit ini hanya dua, pertama ia ingin menciptakan lapangan pekerjaan dan kedua membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran. 

Oleh karena itu, hingga kini LPK Keriahen telah bekerjasama dengan Pemko Medan dan Dinas Tenaga Kerja. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved