Breaking News:

Sejumlah Dinas dan Badan di Pemprov Sumut Bakal Digabung, Kabiro Organisasi Sebut Hampir Rampung

Pemprov Sumut akan menggabungkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) pada tahun 2022.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
Facebook/Dinas Esdm Provsu
Kantor Dinas ESDM Provinsi Sumut, Jalan Setia Budi, Tanjung Sari, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemprov Sumut akan menggabungkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) pada tahun 2022.

Kepala Biro Organisasi Pemprov Sumut, Aprilla Siregar menyebutkan, ada satu tahapan lagi yang masih perlu dibaha bersama DPRD Sumut, yakni berapa OPD yang akan dilebur.

"Misal di Dinas ESDM, sekarang ini kan sesuai kewenangan hanya mengurusi kelistrikan. Sementara masalah pertambangan, batubara, dan lainnya sudah ditarik lagi ke pusat sesuai regulasi terbaru. Ini yang masih kita lihat, nanti ke mana dia akan digabung. Kami melihat di Disperindag, bisa dimasukkan karena ada salah satu bidang yang serumpun," kata Aprilla, Senin (11/10/2021). 

Ia mengungkapkan, pihaknya bersama Komisi A DPRD Sumut masih membahas pasal per pasal hingga akhirnya menjadi peraturan daerah.

Teranyar, dalam rapat Jumat pekan lalu, legislatif meminta agar kembali digelar rapat lanjutan, lantaran masih ada kepala OPD yang instansinya bakal digabungkan atau dilebur tidak hadir dalam kesempatan tersebut.

"Perwakilan ada, tetapi memang kepala dinasnya tidak hadir. Kebetulan di Jakarta ada acara terkait evaluasi RAPBD 2022. Jadi nanti sekali lagi ada kita rapatkan untuk pembahasan terakhir. Memang sedang ada evaluasi APBD di Jakarta makanya kadisnya tidak bisa hadir," ungkapnya.

Aprilla pun memastikan bahwa OPD yang akan digabungkan masih seperti pembahasan diawal yakni dari sebelas menjadi lima OPD.

Yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menjadi satu dinas.

Kemudian penggabungan Dinas Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK), dan Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang, menjadi satu dengan catatan Bidang Tata Ruang bergabung ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Terakhir, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan menjadi satu badan.

Ia pun mengatakan tidak ada kendala berarti dalam pembahasan penggabungan OPD ini. Pihaknya juga selalu berupaya mensinergikan keinginan Gubernur Sumut atas perampingan OPD ini

"Semua yang kita masukkan, itu sudah kita pertajam sesuai tugas pokok dan fungsinya. Sesuai kewenangannya, beban kerjanya gimana. Apalagi masing-masing anggota dewan kita punya pandangan, ini yang coba kita elaborasikan. Sehingga tercapai visi misi bapak (pimpinan) kita mewujudkan Sumut aman, maju, dan bermartabat," pungkasnya. (ind/tribun-medan.com)

 
 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved