Breaking News:

Biro Perjalanan di Medan Sambut Baik Umroh Kembali Dibuka, Kini Kembali Mendata Calon Jamaah

Berdasarkan informasi dari Ade, pembiayaan sebelumnya yang sudah disetorkan kepada Arab Saudi ternyata tak dapat dikembalikan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
Tribun Medan/HO
Praktik lontar jumroh atau melempar jumroh merupakan salah satu kegiatan dalam manasik haji sebagai bentuk perlawanan terhadap syaitan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ibadah umroh akhirnya kembali dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi untuk para jamaah di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah RI dan Kerajaan Arab Saudi sedang membahas teknis vaksinasi dan karantina. 

Terkait hal ini juga turut disambut lega oleh para pengusaha travel yang sempat terpuruk selama hampir dua tahun lantaran nihil pemasukan saat pemerintah Arab menutup akses pintu masuk. 

Perwakilan PT. Arahman Berkah Wisata Tour and Travel Ade Dermawan mengungkapkan bahwa saat ini pihak biro sedang mendata dan mempersiapkan kembali jamaah umroh yang sempat tertunda yang diperkirakan sebanyak 263 orang.

"Kita sudah mempersiapkan jemaah-jemaah kita yang tertunda untuk melaporkan kembali. Tetapi kita tidak bisa mengharapkan pemberangkatan sekaligus," ungkap Ade kepada Tribun Medan, Selasa (12/10/2021).

Berdasarkan informasi dari Ade, pembiayaan sebelumnya yang sudah disetorkan kepada Arab Saudi ternyata tak dapat dikembalikan.

"Pembiayaan kita yang selama dua tahun tertunda oleh negara itu tidak bisa dikembalikan. Maka kita akan memutar ulang pemberangkatan jamaah tapi secara berangsur dan butuh kesabaran dari para jamaah umroh," ujarnya.

Baca juga: Ditinggal Ria Ricis, Harris Vriza Kembali Kepelukan Mantan Kekasih Haviza Devi Anjani

Sementara itu, Ade mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada juknis yang diturunkan oleh pemerintah terkait pelaksanaan umroh 2021 padahal sudah banyak calon jemaah yang bertanya terkait kejelasan umroh ini.

"Kita belum bisa prediksi akan akan diberangkatkan secara pasti karena belum ada juknis sama kita," tuturnya.

Tak hanya Ade, manager PT TIGA MITRA PLUS - TOUR & TRAVEL (3MITRAPLUS) Muslim Guree juga turut bersyukur ada titik pencerahan dengan kembali dibukanya perjalanan umroh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved