Breaking News:

Bobby Nasution Minta Uji Emisi Kendaraan Bukan Hanya Rutinitas

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari dengan menargetkan 250 kendaraan diuji emisi per hari. 

TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau uji emisi kendaraan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) menggelar uji emisi kendaraan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa (12/10/2021). 

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari dengan menargetkan 250 kendaraan diuji emisi per hari. 

"Ini merupakan kegiatan evaluasi kualitas udara perkotaan, EKUP singkatannya. Jadi ini merupakan kegiatan wajib bidang lingkungan hidup. Ini berdasarkan Surat Edaran Dirjen pengendalian Pencemaran Udara, Kementrian KLHK Nomor 5/21 tahun 2017," ujar Zulfansyah, Selasa (12/10/2021).

Dikatakan Zulfansyah, nantinya ada 500 kendaraan yang akan diuji emisi dalam kegiatan EKUP ini. 

"Jadi kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi beban pencemaran udara, dengan cara pengukuran polusi emisi. Pada hari ini rencananya ada 250 kendaraan. Ini dilakukan dua hari, besok di simpang Tomang Elok," katanya. 

Dinas Lingkungan Hidup menargetkan pada tahun 2021 dapat melakukan uji emisi kepada 1500 kendaraan di Kota Medan. Zulfansyah mengatakan kegiatan ini sempat tertunda selama pandemi Covid-19. 

"Kami berupaya tahun depan ada 1.500 kendaraan yang diukur emisi. Seharusnya tahun sebelumnya ada, tapi karena Covid jadi tertunda," tuturnya. 

Zulfansyah menjelaskan, dalam pelaksanaan uji emisi kendaraan, ada tiga lingkup atau capaian kinerja yang dilakukan.

Pertama emisi gas kendaraan, survei kinerja lalu lintas, dan pemantauan kualitas udara tepi jalan raya.

"Itu yang diukur, kemudian ini merupakan bagian parameter penilaian untuk mendapatkan adipura. Jadi adipura itukan ada unsur penilaiannya yakni fisik dan non fisik. Kalau fisik ini salah satu parameter nya tingkat pencemaran kualitas udara," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved