Breaking News:

Jabatan Pj Hanya Bisa Diperpanjang Sekali, DPRD Sumut Minta Pemprov Lelang Jabatan Sekda Definitif

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pun kemudian menunjuk Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda pada 1 Juni 2021.

HO
Pj Sekda ProvinsiSumut, Afifi Lubis. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisi A DPRD Sumut meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk segera membuka lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) defenitif. Hal ini dimaksudkan demi kelancaran jalannya roda pemerintahan.

Diketahui, sejak R Sabrina pensiun per 31 Mei 2021, maka posisi jabatan Sekda Sumut lowong. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pun kemudian menunjuk Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda pada 1 Juni 2021.

Dan kemudian pada 25 Juni 2021, Afifi pun dilantik oleh Gubernur Edy menjadi Penjabat (Pj) Sekda Sumut.

"Memang itu tugas ada di Pak Gubernur. Tapi kita gunakan regulasi, bahwa Pak Gubernur dibenarkan untuk melakukan pengangkatan Pj Sekda  tiga bulan awal, dan maksimal diperpanjang satu kali. Itu regulasinya," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Selasa (12/10/2021).

Dikatakan Hendro, berdasarkan regulasi yang ada itu, sepatutnya posisi jabatan Sekda defenitif harus sudah dilantik paling lama pada akhir tahun ini

Menurutnya, sudah menjadi tugas mereka selaku anggota legislatif yakni menjalankan fungsinya sebagai pengawas pemerintahan, mengingatkan Pemprov Sumut.

Pihaknya hanya menginginkan Pemprov Sumut terus menjadi pemerintahan yang bersih, berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Artinya kami hadir untuk birokrasi. Kami mengingatkan untuk kebaikan. Bentuk kecintaan kami terhadap pemprov, gubernur dan wakil gubernur. Alhamdulillah, itu direspon positif oleh BKD, dengan melakukan konsultasi ke Kemendagri, KASN dan KemenpanRB. Memang harusnya begitu, hanya bisa diperpanjang satu kali. Setelah itu lelang atau open bidding," jelas politisi PKS itu.

Hendro menambahkan, saat ini telah memasuki bulan Oktober 2021. Artinya, sesuai regulasi berarti jabatan Pj Sekda sudah diperpanjang oleh Gubernur Sumut.(ind/tribun-Medan.com)

Baca juga: APES, Musliadi Merasa Ditipu Kawan Sendiri, Uang Rp 65 Juta Raib tapi Barang yang Dibeli Tak Ada

///Lelang Jabatan November 2021

Dan, ia mengakui bahwa Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut pun sudah menyanggupi akan membuka lelang Jabatan sekda pada November 2021 mendatang.

"Alhamdulillah pak Afifi ini sudah diperpanjang satu kali. Beliau sebagai Pj sekda, kalau tidak salah akan sampai November," ucapnya.

Pihaknya pun berharap, dalam lelang jabatan sekda nantinya bisa menghasilkan sosok yang mumpuni dalam membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut menjalankan roda pemerintahan, demi mewujudkan Sumut Bermartabat.

"Sosok sekda ke depan, harapannya dia harus punya integritas itu sudah menjadi yang utama. Kedua dia paham apa yang menjadi roh kebijakan Pemprov sumut yang acuannya dengan RPJMD bisa paham. Ketiga bisa berkomunikasi yang baik, baik itu dengan eksekutif atasannya, pak gubenur dan wakil gubernur, legislatif dan kepada masyarakat. Karena sekda ini jabatan strategis," pungkasnya. (ind/tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved