Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Kisah Hidup BJ Habibie, Lulus Cum Laude di Jerman & Bapak Teknologi yang Visioner

Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini lahir di Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. 

TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA/Tribun Solo
BJ Habibie. (TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA/Tribun Solo) 

TRIBUN-MEDAN.com - Kisah BJ Habibie, Lulus Cum Laude di Jerman & Bapak Teknologi Indonesia yang Visioner.

Sosok BJ Habibie sudah menjadi inspiratif kaum pelajar. Nama BJ Habibie semakin melesat ketika berhasil menciptakan pesawat terbang untuk Indonesia. 

Lalu, ia sempat menjabat sebagai wakil presiden mendampingi Soeharto. Hanya hitungan bulan, BJ Habibie naik jabatan menjadi presiden. 

Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini lahir di Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. 

Sebelum menjadi orang yang berpengaruh bagi bangsa Indonesia, BJ Habibie pernah mengenyam pendidikan di SMAK Dago, Bandung, tahun 1954 dan melanjutkan ke perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Karena kepintaran dan kecerdasannya, BJ Habibie akhirnya melanjutkan studinya di Jerman bersama teman-temannya yang lain. Berbeda dengan teman-temannya yang menggunakan beasiswa untuk kuliah di Jerman, BJ Habibie menggunakan biaya dari ibunya, R.A Tuti Marini Puspowardojo.

Keputusannya belajar di Jerman karena petuah Bung Karno tentang pentingnya penguasaan teknologi nasional, yakni teknologi maritim dan teknologi dirgantara saat Indonesia masih berkembang saat itu.

BJ Habibie akhirnya memilih jurusan Teknik Penerbangan spesialis Konstruksi Pesawat Terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule, Jerman pada tahun 1955.

Dari sinilah BJ Habibie belajar menguasai teknologi dan menjadi ahli pesawat terbang yang pertama kali menciptakan pesawat terbang di Indonesia.

Jadi tidak heran jika ia dijuluki sebagai bapak teknologinya Indonesia karena karyanya yang luar biasa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved