Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sekolah: Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Untuk mengulas lebih jauh soal tantangannya, mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan poros maritim dunia.

SHUTTERSTOCK
Peta Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar sekolah tentang Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Posisi Indonesia yang diapit dua samudra membuat Indonesia digadang-gadang sebagai poros maritim dunia. Cita-cita itu kini jadi salah satu fokus kerja Presiden Joko Widodo.

Untuk mengulas lebih jauh soal tantangannya, mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan poros maritim dunia.

Indonesia terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Samudra Hindia di sisi barat dan selatan. Di sisi utara dan timur, ada Samdura Pasifik.

Berdasarkan Buku Statistik Indonesia 2018, Indonesia memiliki 16.056 pulau. Di antaranya, membentang berbagai lautan yang luasnya mencapai 3,3 juta kilometer persegi.

Di pinggir luar, ada laut yang termasuk zona ekonomi eksklusif dan landasan kontinen dengan luas mencapai 2,9 juta kilometer persegi.

Luas lautan Indonesia lebih besar dari luar daratannya. Kira-kira 75 persen total luas Indonesia adalah perairan. Itulah yang membuat Indonesia sebagai negara maritim.

 

Dari pelayaran, perang, ke perdagangan

Di abad ke-14, kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa, konon menguasai hampir seluruh bagian Indonesia, hingga ke Tumasik (Singapura), Malaya (Malaysia), Champa (Thailand), hingga Indochina (Kamboja, Laos, dan Vietnam).

Majapahit adalah salah satu poros maritim dunia kala itu. Memasuki abad ke-15, para pelayar dari Eropa berlomba-lomba dalam perdagangan. Rempah menjadi salah satu komoditas paling diincar kala itu.

Dikutip dari Cheng Ho: Penyebar Islam dari China ke Nusantara (2010), para pelayar kala itu menemukan jalur laut yang menghubungkan timur dengan barat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved