Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sekolah: Pengertian Pemerintah, Beda antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Materi belajar sekolah tentang pengertian pemerintah dan beda antara pemeritah pusat dan pemerintah daerah.

Tribunnews/ Irwan Rismawan
Presiden Jokowi baru saja mengumumkan susunan menteri kabinetnya pada 2019-2024. Jokowi lantas mengungkap pesan-pesannya, Rabu (23/10/2019). (Tribunnews/ Irwan Rismawan) 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar sekolah tentang pengertian pemerintah dan beda antara pemeritah pusat dan pemerintah daerah.

Ada banyak pengertian tentang pemerintah yang ditemukan dalam berbagai buku pelajaran, buku tentang negara maupun referensi lain.

Pemerintah dalam istilah Bahasa Indonesia juga disebut penyelenggara negara. Kata pemerintah dalam istilah Belanda disebut overheid atau gouvernement, atau de autoriteiten. Dalam bahasa Inggris disebut government atau the authorities.

Secara umum, pengertian pemerintah adalah kelompok orang yang memiliki wewenang untuk memerintah suatu negara.

Berdasarkan KBBI, pemerintah adalah sistem menjalankan wewenang dan kekuasaan mengatur kehidupan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara atau bagian-bagiannya.

Pengertian lain dalam KBBI, pemerintah adalah badan tertinggi yang memerintah suatu negara (seperti kabinet merupakan suatu pemerintah).

Max Boli Sabon dalam bukunya Ilmu Negara (2019), menerangkan Ernst Utrecht, ilmuwan sekaligus pakar hukum Belanda, menyebut ada tiga pengertian pemerintah.

  1. Pemerintah dalam arti luas meliputi badan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, termasuk semua badan yang menyelenggarakan kesejahteraan umum.
  2. Pemerintah dalam arti gabungan badan kenegaraan tertinggi atau satu badan kenegaraan tertinggi yang memerintah di wilayah suatu negara. Contoh: Presiden, Raja, atau Sultan.
  3. Pemerintah dalam arti Kepala Eksekutif (Presiden atau Perdana Menteri) bersama-sama dengan menteri-menterinya sebagai organ eksekutif, yang disebut Dewan Menteri atau Kabinet.

Sedangkan GS Diponolo dalam bukunya Ilmu Negara (1975), membagi pengertian pemerintah menjadi dua, yaitu pemerintah dalam arti luas dan pemerintah dalam arti sempit.

Pemerintah dalam arti luas ialah keseluruhan dari badan pengurus negara dengan segala organisasi, segala bagiannya, dan segala pejabatnya.

Mereka menjalankan tugas negara, dari pusat hingga pelosok-pelosok daerah. Termasuk badan-badan swasta atau individu yang menjalankan pemerintahan secara delegatif.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved