Breaking News:

News Video

Pengungsi Afghanistan Berunjukrasa ke Konjes Amerika Meminta Dipindahkan ke Negara Tujuan Suaka

Pengungsi asal Afganistan di Kota Medan kembali berunjukrasa meminta pemindahan mereka ke negara tujuan suaka, Selasa (12/10/2021).

Penulis: Risky Cahyadi | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengungsi asal Afganistan di Kota Medan kembali berunjukrasa meminta pemindahan mereka ke negara tujuan suaka, Selasa (12/10/2021).

Puluhan pengungsi mendatangi Uniland Kantor Konsulat Jendera Amerika.

"Kami pengungsi dari Afganistan Hazara minta sama Konjen Amerika untuk segera merelokasi ke negara ketiga, keluarga kami di Afganistan tidak aman sekarang di tangan Taliban," kata seorang pengungsi, Muhammad Juma Mohsini.

Negara ketiga yang dimaksud adalah Kanada, Amerika, Australia, atau Selandia Baru. Dikatakan, ketika sudah dipindahkan ke negara ketiga, pihaknya baru bisa menarik keluarga mereka dari Afganistan.

"Kami merindukan keluarga kami dan sudah dua minggu kami tidak bisa hubungi," sebutnya.

Menurutnya, kebanyakan imigran Afganistan yang sudah tinggal 6 - 10 tahun di Kota Medan.

"Kami minta pemerintah Indonesia agar merelokasi. Tolong perhatikan kami. Keluarga kami jalani hidup penuh resiko di Afganistan. Kami terjebak di Indonesia tanpa pendidikan formal dan mencukupi kebutuhan sehari hari. Kami tidak bisa menjalani hidup dengan layak," tutupnya.

Bahkan dikatakannya anak-anak dari para imigran di Indonesia mengalami buta huruf. Banyak pengungsi usia lanjut yang kehilangan nyawa karena kesulitan ekonomi dan akses kesehatan.

Amatan Tribun Medan, para demonstran datang dari kalangan orangtua, remaja, dan anak - anak. Sebagian besar memegang spanduk yang berisi tuntutan.

Salah satunya, spanduk berisi, "Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah Indonesia yang memberikan tempat tinggal selama 10 tahun. Tapi kami sungguh mohon bantuan untuk pemulangan ke negara ketiga."

(sky/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved