Breaking News:

Webinar Nasional Kantor Arsip USU, Upaya Tingkatkan Kualitas Layanan Publik di Bidang Kearsipan

SIKN JIKN merupakan satu langkah dalam pengelolaan dan pelestarian arsip yang berbasis teknologi dan menawarkan suatu solusi.

TRIBUN MEDAN/HO
WEBINAR Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang diselenggarakan Kantor Arsip USU bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), secara daring melalui Zoom, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDANKantor Arsip USU bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Webinar Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) secara daring melalui Zoom, Selasa (12/10/2021).

Sebanyak 374 peserta dari seluruh Indonesia hadir dalam webinar ini. Mereka merupakan arsiparis di berbagai instansi seperti perguruan tinggi, kementerian, dan lembaga, mulai dari Aceh, Bali, Kalimantan, Batam, Sumedang, Malang, Surabaya, Lampung, Makasar, Depok, Gorontalo, Jakarta, Cirebon, Depok, Jawa Tengah, Padang, Semarang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Belitung, Bengkulu, Bogor, dan lain-lain.

Kepala Kantor Arsip USU, Aisyah mengatakan, pihaknya menyambut baik antusias yang diberikan peserta untuk mengikuti webinar ini. Diharapkan, webinar ini diharapkan menambah pengetahuan peserta terkait Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SIKN JIKN).

Dikatakan Aisyah, SIKN JIKN merupakan satu langkah dalam pengelolaan dan pelestarian arsip yang berbasis teknologi dan menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional.

USU melalui Kantor Arsip, kata Aisyah, merupakan sumber informasi yang memiliki memori kolektif universitas ingin berkontribusi dan menjadi bagian dari Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) tersebut.

“Posisi USU sebagai salah satu universitas terbaik di Sumatera dan masuk dalam klaster 1 PTN terbaik versi Kemendikbud selalu bergerak dan bertransformasi menjadi pusat pengembangan ilmu, pengetahuan, teknologi dan inovasi yang unggul,” katanya, Selasa (12/10/2021).  

KEPALA Kantor Arsip USU, Aisyah memimpin welcoming remarks dalam Webinar Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) secara daring melalui Zoom, Selasa (12/10/2021).
KEPALA Kantor Arsip USU, Aisyah memimpin welcoming remarks dalam Webinar Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) secara daring melalui Zoom, Selasa (12/10/2021). (TRIBUN MEDAN/HO)

Menurut Aisyah, sejalan dengan transformasi tersebut, Kantor Arsip yang merupakan satu unit penunjang dalam struktur organisasi USU juga ingin bertransformasi ke arah yang lebih baik dan profesional untuk mendukung kemajuan tersebut. Dan dengan bergabungnya USU melalui Kantor Arsip dalam sistem yang terintegrasi secara nasional, diharapkan semakin meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kearsipan dan digitalisasi dokumen, yang dapat diakses melintasi batas ruang dan waktu.

“Dengan demikian, akan terlaksana pelayanan publik yang semakin paperless, berkualitas, cepat dan terjangkau untuk menyajikan informasi berbasis arsip digital baik untuk kepentingan akreditasi, administrasi, penelitian maupun publikasi,” ujarnya.

Aisyah menambahkan, webinar ini menghasilkan beberapa tindak lanjut. Satu diantaranya adalah menghasilkan aplikasi dan website berupa Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional Bersama ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) yang akan diimplementasikan oleh Kantor Arsip USU.

“Website ini diharapkan menjadi salah satu website penunjang untuk pelaksanaan tugas dan fungsi  kearsipan di lingkungan kerja USU secara khusus dan instansi lainnya secara umum dalam menerapkan digitalisasi arsip sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi,” katanya.

Baca juga: Muryanto Amin Lantik 15 Dekan Universitas Sumatera Utara, Hendra Harahap Pimpin FISIP USU

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved