Breaking News:

Cuaca Panas Capai 34 Derajat Celcius, Dinkes Siantar Minta Warga Hindari Kegiatan Luar Ruangan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi terjadi tujuh titik panas (hotspot) yang melanda wilayah Sumatera Utara

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR -Suhu udara di Kota Pematangsiantar beberapa hari belakangan begitu menyengat. Bahkan pada tiap tengah hari, suhu udara bisa menyentuh 32 derajat Celsius seperti yang terlihat dari beberapa perangkat gadget.

P Manurung, warga lokal mengatakan kondisi seperti ini sudah terjadi hampir dua pekan belakangan. Kendati hujan turun, namun intensitasnya rendah dan sebentar.

"Wah udah sekitar dua minggu ini hari panas. Biasanya bulan berakhiran ber-ber hujan terus, sekarang malah panas," ujar warga Siantar Martoba ini, Rabu (13/10/2021) siang.

Penampakan terik mata hari di Jalan Gereja Pematangsiantar saat udara panas, Rabu (13/10/2021) siang
Penampakan terik mata hari di Jalan Gereja Pematangsiantar saat udara panas, Rabu (13/10/2021) siang ((Tribun Medan - Alija Magribi))

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi terjadi tujuh titik panas (hotspot) yang melanda wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini.

Selain itu juga, BMKG mencatat, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 24.0 - 35.5⁰ C. 

Kelembaban udara 60 - 96%, sementara angin yang bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut berkekuatan 10 - 30 Km/Jam. 

Baca juga: Sebelum Laga dengan Semen Padang, PSMS Medan Lakukan Latihan di Lapangan Atletik

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar mengimbau agar masyarakat di Kota Pematangsiantar untuk membatasi aktivitas di luar rumah agar tidak dehidrasi yang diakibatkan suhu udara panas.

"Ya kita imbau untuk masyarakat agar jangan dulu keluar rumah karena saat ini suhu udara di luar panas terik," ujar dr Ronal Saragih, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pematangsiantar, ketika dihubungi, Rabu (13/10/21).

Ronal Saragih juga mengajak masyarakat agar banyak mengonsumsi makanan bergizi, mengandung banyak air dan tentunya memiliki vitamin C.

"Banyak lah konsumsi air minum, Vitamin C dan makan buah-buahan yang mengandung Vitamin C," jelas Ronald.

(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved