Breaking News:

News Video

Fadli Zon Mendesak Lembaga Densus 88 Dibubarkan, Boy Rafli Amar Tak Sependapat

Fadli Zon mendesak lembaga Densus 88 sebaiknya dibubarkan. Dia menilai keberadaan Densus kerap menciptakan narasi Islamofobia di masyarakat.

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Fadli Zon mendesak lembaga Densus 88 sebaiknya dibubarkan. Dia menilai keberadaan Densus kerap menciptakan narasi Islamofobia di masyarakat.

"Narasi berbau Islamofobia tak akan dipercaya rakyat lagi," cuit Fadli dalam akun Twitter pribadinya @fadlizon, Rabu (6/10/2021) lalu.

"Dunia sudah berubah, sebaiknya Densus 88 ini dibubarkan saja. Teroris memang harus diberantas, tapi jangan dijadikan komoditas," ujarnya.

Menurut dia, sebaiknya persoalan teroris di Indonesia diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme saja. "Sudah terlalu banyak lembaga yang tangani terorisme. Harusnya @BNPTRI saja," ujarnya.


Boy Rafli Amar Tak Sependapat

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar tak sependapat dengan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon yang mendesak agar Densus 88 dibubarkan.

Boy menyebutkan, dalam penanggulangan terorisme, Densus 88 memiliki peran dalam penegakan hukum hingga penyidikan kejahatan terorisme.

"Densus kan harus tetap dibutuhkan dalam konteks penegakan hukum kejahatan terorisme. Nanti kalau dibubarkan yang melaksanakan penegakan hukumnya siapa," kata Boy usai menghadiri peringatan 19 tahun Bom Bali di Kuta, Selasa (12/10/2021).

Boy menyebutkan, peran dan fungsi Densus 88 dalam penanggulangan terorisme tentu berbeda dengan BNPT.

Menurutnya, BNPT memiliki peran yang fokus di bidang pencegahan, kerja sama, koordinasi dalam konteks penanggulangan yang berbasis penuh kepada pembangunan kesejahteraan masyarakat agar lebih waspada.

Atas dasar itu, ia tetap berada dalam posisi mendukung Densus 88 berperan dalam penegakan hingga penyidikan kejahatan terorisme.

"Sebaiknya (Densus 88) tetap berjalan, karena sistemnya mengatur dalam Undang-Undang kita seperti itu," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fadli Zon Minta Densus 88 Dibubarkan, Kepala BNPT: Sebaiknya Tetap Berjalan", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/190229378/fadli-zon-minta-densus-88-dibubarkan-kepala-bnpt-sebaiknya-tetap-berjalan?page=all.
Penulis : Kontributor Bali, Ach. Fawaidi
Editor : Pythag Kurniati

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved