Breaking News:

Ngaku Menangkan Proyek Perkim Deliserdang, Pria Marga Sianturi Gelapkan Uang Ratusan Juta

Seorang pria diseret ke meja hijau lantaran menggelapkan uang rekannya hingga ratusan juga dengan modus memenangkan proyek Dinas Perkim Deliserdang

TRIBUN MEDAN/GITA NADIA PUTRI TARIGAN
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nelson Victor saat kembacakan dakwaan terhadap Soaduon Fernando Sianturi di Pengadilan Negeri (PN) Medan. 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Soaduon Fernando Sianturi diseret ke meja hijau PN Medan.

Pasalnya, Fernando menggelapkan uang temannya hingga ratusan juta.

Adapun modus pelaku, mengaku telah memenangkan proyek di Dinas Perkim Deliserdang dan tengah butuh uang.

Dalam persidangan yang digelat pada Rabu (13/10/2021), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nelson Victor menuturkan kasus ini bermula pada Agustus 2019 lalu.

Baca juga: Bak Kena Mental Terjerat Kasus Dugaan Penipuan CPNS, Olivia Nathania Sampai Bolak-balik ke Dokter

Saat itu, terdakwa Soaduon Fernando menemui Garden Parasian Lumbantobing di Jalan Turi Perum Turi Asih Nomor 19 Kota Medan, dan berkata bahwa dia ada memenangkan proyek irigasi di Kabupaten Deliserdang, tapi kurang modal, sehingga minta tolong agar dibantu.

Saat itu, terdakwa berjanji akan memberikan keuntungan kalau proyek tersebut sudah dibayar. 

Lalu, Garden pun mengatakan akan melihat dulu apakah benar proyek tersebut ada atau tidak.

"Selanjutnya sekira satu minggu kemudian, terdakwa bersama-sama dengan Garden berangkat menuju Kantor Dinas Perkim Deliserdang untuk mengetahui apakah terdakwa benar ada mendapat kegiatan proyek pada Dinas Perkim Delisrdang, dan ternyata hal itu benar," beber jaksa.

Selanjutnya, setelah mengetahui kebenaran informasi tersebut, Garden pun menyerahkan uang sebesar Rp 982.725.000 dan membuat surat pernyataan pada bulan Agustus 2019, yang dibubuhi meterai 6.000, yang pada pokoknya menyatakan bahwa saksi Garden Parasian Lumbantobing benar telah memberikan uang sebesar Rp 982.725.000, kepada terdakwa, dan terdakwa akan mengembalikan uang tersebut pada tanggal 30 Desember 2019.

Baca juga: Chip Gratis Higgs Domino Terbaru, Berlaku Bulan Oktober 2021, Berikut Kode Penukarannya

Selanjutnya sekira bulan Januari 2020, Garden melakukan pengecekan ke lokasi pekerjaan, di daerah pemukiman Kecamatan Pemang Johar, Kabupaten Deliserdang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved