Breaking News:

News Video

Banyaknya Sampah Puntung Rokok Bikin Resah, Sekelompok Mahasiswa USU Dirikan Strobe

Ia berharap ke depan, kampanye puntung rokok ini dapat menyadarkan para perokok untuk dapat membuang sampah puntung rokok di tempat yang aman.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: heryanto

Banyaknya Sampah Puntung Rokok Bikin Resah, Sekelompok Mahasiswa USU Dirikan Strobe

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Berawal dari keresahan terhadap banyaknya sampah puntung rokok yang sulit dibersihkan oleh petugas kebersihan, sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara membentuk Strobe.

Strobe merupakan kampanye yang dilakukan untuk mengurangi volume sampah puntung rokok dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah puntung rokok sembarangan.

"Kampanye ini bermula dari keresahan anggota yang merasa bahwa sebagian orang terkhusus yang merokok tidak mengetahui bahwa puntung itu adalah sampah. Kebiasan membuang puntung rokok sembarangan itu menular," ujar seorang anggota Strobe, Widy, Kamis (14/10/2021).

Widy mengatakan, kebanyakan perokok tidak membuang sampah puntung rokok di tempat yang tepat. Karena bentuknya kecil, mereka kerap membuang sisa puntung rokok sembarangan.

"Setelah merokok mereka akan membuang puntung rokok sembarangan. Maka dari itu isu ini kami bawa, kami diskusikan dan akhirnya kami sepakat untuk melakukan kampanye bahwa puntung rokok itu sampah," tuturnya.

Dikatakannya, kampanye ini sudah berjalan sekitar satu bulan. Strobe melakukan kampanye dengan menggunakan media sosial, dan juga sudah melakukan aksi mengutip puntung.

"Kami telah melakukan aksi juga, aksi mengutip puntung rokok di dua tempat. Pertama kami melakukannya di lapangan merdeka. Itu merupakan aksi pertama dan kedua kami. Kemudian hari ini merupakan aksi ketiga kami dan kami melakukannya di USU sendiri," katanya.

Tak selalu ditanggapi positif, Widy mengaku selama melakukan kampanye pihaknya juga sering mendapatkan respons yang kurang baik dari masyarakat.

"Selama melakukan kampanye ini ada hal yang menarik yang dirasakan setiap anggota. Termasuk pengalaman tidak enak yang pernah kami rasakan saat kami melakukan kampanye mengutip puntung rokok di Lapangan Merdeka, ada sentimentil dari beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan sosialisasi yang kami lakukan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved