Breaking News:

Ditantang Bikin Sekolah Musik di Toba, Viky Sianipar: Bukan Itu yang Dibutuhkan!

"Kalau belajar musik, dari YouTube pun sudah bisa belajar. Jadi, kita enggak usah gila sekolah," ujar Viky.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MAURITS PARDOSI
Produser dan komposer Viky Sianipar di TB Silalahi Center 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Produser dan komponis Viky Sianipar berpendapat Kabupaten Toba lebih memerlukan coaching clinic  dibandingkan sekolah musik.

Pandangan ini disampaikannya saat ditanya jurnalis tentang kemungkinan dirinya mendirikan sekolah musik di Toba untuk memajukan kesenian daerah.

"Pengertian sekolah musik itu apa dulu? Apakah itu orkestra, les gitar, atau les vokal? Menurutku, kalau mau membuat les vokal, sudah jago-jago di sini. Bukan itu yang dibutuhkan," ujar Viky Sianipar di TB Silalahi Center, Rabu (13/10/2021). 

Menurutnya, coaching clinic  dibutuhkan untuk memberi masukan kepada para seniman tentang referensi musik, teknis rekaman, dan produksi yang baik.

"Kalau hasil analisisku, di sini sudah jago-jago. Main gitarnya jago, main kibor jago, nyanyinya jago. Tapi, bagaimana caranya bisa menembus industri musik tak pernah diajarkan," ungkapnya. 

Viky mengatakan, sejak lama ia telah berinteraksi dengan musisi di Toba. Memberikan masukan untuk produksi album atau single

Menurutnya, dengan pemahaman yang baik tentang produksi, maka musisi dapat mendapat manfaat dari karyanya.

"Ujung-ujungnya duit. Ujung-ujungnya, dia mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebagusan karyanya," sambungnya. 

Selain tentang produksi, menurut Viky, musisi juga perlu mempelajari tentang cara promosi yang efektif di media sosial. 

"Ada karyanya yang bagus, tapi memproduksinya salah. Susah menjualnya. Contohnya, karena intro terlalu panjang, orang akhirnya melewatkan saat lihat di Instagram." 

"Nah trik-triknya kecil itu yang dibutuhkan. Kalau belajar musik, dari YouTube pun sudah bisa belajar. Jadi, kita enggak usah gila sekolah," ujarnya. (cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved