Breaking News:

Pengamat Tersohor Ini Anggap Kebijakan Wali Kota Medan untuk Naik Kelaskan UMKM Dianggap Hebat

Wali Kota Medan, Bobby Nasution membuat gebrakan besar untuk memperkuat sektor UMKM agar bisa naik kelas.

Editor: jefrisusetio
Dok. Humas Pemko Medan
Bobby Nasution dan istri Kahiyang Ayu mengunjungi Toko Rumah Uis yang langsung disambut pemiliknya Averiana Barus di Jalan Jamin Ginting Medan, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution membuat gebrakan besar untuk memperkuat sektor UMKM agar bisa naik kelas. Satu di antaranya dengan membina UMKM dengan mengembangkan digitalisasi. 

"Kita berkomitmen UMKM di Kota Medan Harus Bisa Naik Kelas dan Berdaya Asing. Dengan kebijakan ini diharapkan pelaku UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution baru - baru ini.

Menurut Bobby Nasution, penerapan sistem digitalisasi untuk pelaku UMKM yang akan dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan sistem digitalisasi. Dan, memberikan pendampingan untuk memasarkan produk UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Selain memberikan pendampingan untuk menjaga kualitas produk UMKM, Pemko Medan juga akan memberikan pelatihan dan pemasaran dengan sistem digital sehingga penjualannya naik," ujarnya. 

Bobby Nasution menambahkan, pengembangan UMKM merupakan program Pemko Medan. Oleh karena itu kebijakan ini salah satu upaya untuk memajukan UMKM.

Diharapkan dengan sistem Digitalisasi ini dapat semakin terwujudnya program satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (Sakasanwira).

Kebijakan Wali Kota Medan untuk UMKM naik kelas mendapatkan dukungan dari Dosen FISIP Dadang Darmawan.

Menurut Dadang kebijakan ini sangat tepat karena dengan sistem Digitalisasi dapat menjadi stimulan guna mendorong sektor UMKM untuk lebih berkembang.

Apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini banyak UMKM berdampak. Agar kebijakan dapat terus berjalan, Dadang meminta Pemko Medan untuk dapat terus melakukan pembinaan, sebab UMKM sangat rentan dengan kualitas dan persaingan.

"Kebijakan untuk menaikkan kelas UMKM melalui sistem digital ini tepat karena akan menjadi stimulan bagi pelaku UMKM. Pendampingan harus terus dilakukan khususnya dalam hal peningkatan kualitas agar UMKM ini dapat tumbuh dan berkembang," Kata Dadang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved