Breaking News:

News Video

Polres Tanah Karo Amankan Tiga Pria Pelaku Pembobolan Rumah Kosong Dengan Barang Bukti Puluhan Guci

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanah Karo, berhasil mengamankan tiga orang pelaku tindak pidana pencurian. Ketiga orang pelaku

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanah Karo, berhasil mengamankan tiga orang pelaku tindak pidana pencurian. Ketiga orang pelaku yang diketahui berinisial EHB, RP, dan GVS, diamankan pada Jumat (8/10/2021) kemarin.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Adrian Risky Lubis, melalui KBO Satreskrim Polres Tanah Karo Iptu S Silalahi, tindakan pencurian yang dilakukan oleh ketiganya ini dilakukan pada Kamis (7/10/2021) kemarin.

Awalnya, pelapor yang diketahui merupakan cucu dari pemilik rumah, melihat jika rumah dari neneknya itu sudah dalam kondisi berantakan dan barang-barang di dalamnya sudah banyak yang hilang.

"Awalnya pelapor datang menceritakan jika rumah neneknya telah terjadi tindakan pencurian. Pelapor melihat jika pintu pagar dan jerjak pintu sudah rusak," ujar Silalahi, do Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (14/10/2021) sore.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, para pelaku mengaku jika mereka awalnya melihat rumah yang berada di Jalan Letnan Rata Peranginangin ini sudah lama kosong. Silalahi menjelaskan, dari pengakuan pelaku mereka melakukan pencurian ini lebih dari satu kali dikarenakan barang yang diambil cukup banyak.

"Pelaku ini masuk ke rumah tersebut melalui jendela untuk melihat situasi di dalam. Kemudian mereka mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut," katanya.

Dari dalam rumah yang diketahui pemiliknya tinggal di Jakarta ini, para pelaku mengambil barang yang tak tanggung-tanggung. Dari tangan para pelaku, diperoleh barang bukti berupa sebuah lemari kaca, beberapa karung yang berisikan sekitar 100 lembar kain tradisional.

Kemudian, dua buah guci keramik, sebuah koper yang berisikan surat tanah, 20 buat guci kuningan, rice cooker, satu unit TV, speaker, tape radio.

"Jadi barang yang diambil para pelaku ini cukup banyak, dan dari pencurian ini korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah," ucapnya.

Setelah berhasil mengamankan para pelaku, ketiga pelaku beserta barang bukti lansung diamankan ke Mapolres Tanah Karo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Akibat dari perbuatannya, para pelaku akan dipersangkakan dengan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved