Breaking News:

Kuliner Medan

Kuliner Medan, Minuman TST yang Dibuat Menggunakan Mesin Jahit Modifikasi

Teh Susu Telur atau biasa disebut TST, merupakan minuman yang banyak digandrungi oleh kalangan muda maupun paruh baya.

Mustaqim / Tribun Medan
Seorang pekerja Warung Bang Jamal mencampurkan susu ke dalam gelas yang berisi kocokan telur bebek dan teh. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Teh Susu Telur atau biasa disebut TST, merupakan minuman yang banyak digandrungi oleh kalangan muda maupun paruh baya.

Sebab minuman yang mengandung protein tersebut, dipercaya dapat menambah stamina dan memperkuat daya tahan tubuh.

Di Kota Medan sendiri, TST sepertinya sudah menjadi minuman khas. Dan banyak ditemui di warung-warung TST yang ada di sejumlah kawasan di ibu kota Sumut itu.

Tak terkecuali dengan warung TST Bang Jamal, yang terletak di Jalan Bromo Medan.

Bila warung TST umumnya mengocok telur dengan menggunakan mixer. Maka di warung Bang Jamal alat pengocok telur untuk TST, yakni berupa mesin jahit yang telah dimodifikasi.

Pengolahan minuman TST di warung Bang Jamal, telur bebek dikocong dengan menggunakan mesin jahit modifikasi yang tersambung listrik. 

Seorang pekerja di Warung Bang Jamal mengocok telur menggunakan mesin jahit modifikasi, sebelum akhirnya dicampur dengan teh dan susu, hingga menjadi minuman TST.
Seorang pekerja Warung Bang Jamal mencampurkan susu ke dalam gelas yang berisi kocokan telur bebek dan teh. (Mustaqim / Tribun Medan)

Kemudian setelah itu telur yang telah dikocok, dicampurkan dengan teh dan susu, sesuai dengan takaran.

"Dengan menggunakan mesin jahit ini  kualitasnya beda. Kita menggunakan mixer tujuannya itu kan untuk mengaduk, bukan mengkocok," kata pemilik warung, Jamal, beberapa waktu lalu.

"Jadi mesin TST ini dia mengkocok,  tujuannya untuk lebih kental, amisnya hilang dan pasti beda rasanya, pasti beda lebih kental dan lebih wangi," ujarnya.

Seorang pengunjung, Nasril mengaku, bahwa TST Bang Jamal yang disajikan menggunakan mesin jahit modifikasi, memiliki ciri khas rasa yang berbeda dibandingkan dengan sajian di warung TST lainnya.

Menurutnya, dengan menggunakan mesin jahit modifikasi ini, membuat kocokan antara telur, susu dan teh jadi merata.

"Rasanya enak, mantap. Saya udah coba kemana-mana, ini yang paling enak. Saya udah keliling ya kan. Ini yang cocok rasanya, jadinya terus-terusan kemari," ucap Nasril

Sementara itu, harga satu gelas TST yang disajikan mesin jahit modifikasi di Warung Bang Jamal dibanderol Rp 10 ribu.

Seorang pekerja di Warung Bang Jamal mengocok telur menggunakan mesin jahit modifikasi, sebelum akhirnya dicampur dengan teh dan susu, hingga menjadi minuman TST.
Seorang pekerja di Warung Bang Jamal mengocok telur menggunakan mesin jahit modifikasi, sebelum akhirnya dicampur dengan teh dan susu, hingga menjadi minuman TST. (Mustaqim / Tribun Medan)

(ind/tribun-medan.com)

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari tribun-medan.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tribun Medan Update", caranya klik link https://t.me/tribunmedanupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved